Michael Owen. (Foto: AFP/Paul Barker)
Michael Owen. (Foto: AFP/Paul Barker)

5 Penyerang Terbaik Liverpool Sepanjang Masa

Friko Simanjuntak • 19 Juli 2022 12:35
Jakarta: Apakah itu 'false 9' atau striker murni, Liverpool tidak dapat disangkal memiliki sejarah yang kaya tentang penyerang berkualitas. Siapakah yang terbaik di antara mereka?
 
Sejak didirikan pada 3 Juni 1892, Liverpool selalu mampu mencetak pemain hebat, tak terkecuali di sektor penyerang. Selama 103 tahun klub berdiri, ada banyak penyerang Liverpool yang namanya sangat melegenda.
 
Mulai dari Kenny Dalglish, Ian Rush, Robbie Fowler, Michael Owen sampai Luis Suarez, mereka adalah predator-predator andalan The Reds di masanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tanpa berlama-lama lagi, inilah 5 penyerang terbaik Liverpool sepanjang masa.

5. Michael Owen (1996 -- 2004)

Michael James Owen adalah salah satu penyerang terbaik yang pernah dimiliki Liverpool. Ia masuk daftar ini karena keberhasilannya menyabet trofi Ballon d'Or atau pemain terbaik dunia tahun 2001.
 
Owen memulai legasinya pada usia 14 tahun di Akademi Liverpool, dan kemudian menandatangani kontrak profesionalnya dengan tim utama pada usia 17 tahun (1996).
 
Mencetak gol pada debutnya melawan Wimbledon, Owen dengan cepat menggantikan Robbie Fowler yang cedera sebagai pilihan pertama di lini depan. Owen langsung menyita perhatian usai menyabet gelar sepatu emas dan pemain muda terbaik Inggris pada tahun 1997.
 
Pada 2000 -- 2001, bakat Owen kian terasah. Ketajamannya di depan lawan kian tak terbendung. Ia berperan penting dalam kesuksesan Liverpool merebut treble unik (FA Cup, Piala Liga, dan UEFA Cup). Pada tahun tersebut, Owen juga membawa Liverpool menjadi tim Inggris pertama yang memenangkan lima gelar. Dua trofi lain yang disumbangkannya adalah Charity Shield dan Piala Super UEFA.
 
Kegemilangannya inilah yang kemudian membuat Owen terpilih sebagai pemain terbaik dunia (Ballon d'Or) pada 2001, dan membuatnya tertantang membuktikan kualitasnya di Real Madrid.  Sayangnya, Owen tak mampu mengulang kesuksesannya di Liverpool di mana ia mengemas 158 gol dalam 297 penampilan. Kariernya justru stagnan bahkan cenderung menurun bersama Los Blancos.
 
Owen sempat membuat fan Liverpool kecewa di akhir-akhir kariernya di mana ia memutuskan bergabung dengan klub rival, Manchester United pada 2009-2012 sebelum memutuskan pensiun pada 2013 bersama Stoke City.

4. Robbie Fowler (1993 -- 2001) & (2006 -- 2007)

Robbie Fowler dianggap sebagai finisher alami terbaik di liga pada masanya, karena kegemarannya mencetak gol dan kekejaman di depannya. Fans Liverpool bahkan sampai menjulukinya "Dewa".
 
Fowler dikenal sebagai penggemar Everton pada masa kecil, namun ia tak pernah dilirik klub rival sekota Liverpool tersebut. Justru, Akedemi Liverpool-lah yang membantunya merintis karier sepak bola pada 1984.
 
Sembilan tahun belajar di akademi, Fowler akhirnya dipromosikan ke tim utama pada 1993 dan langsung membuat publik Anfield jatuh cinta dengan lesakkan 18 gol dalam 34 laga. Fowler perlahan menggusur posisi Ian Rush sebagai ujung tombak andalan The Reds.
 
Fowler berhasil mencetak lebih dari 30 gol dalam tiga musim secara beruntun. Sebuah rekor yang hingga kini belum terpecahkan. Ia juga dinobatkan sebagai pemain muda terbaik Inggris dalam dua tahun berturut-turut (1995 & 1996), dan sempat mencatat rekor pencetak hattrick tercepat di Liga Inggris (4 menit, 33 detik), sebelum akhirnya dipecahkan Sadio Mane pada 2015.
 
Selama kariernya, Fowler dua kali membela Liverpool dengan total pengabdian selama 12 tahun. Selama periode tersebut, ia mengoleksi total 183 gol --98 gol di antaranya ia cetak hanya dalam 116 pertandingan!
 
Halaman Selanjutnya
  3. Roger Hunt (1958…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif