Penggawa Timnas Jerman. (Foto: AFP/Arne Dedert)
Penggawa Timnas Jerman. (Foto: AFP/Arne Dedert)

Daftar 14 Klub Penyumbang Pemain Terbanyak di Piala Dunia 2022

Friko Simanjuntak • 21 November 2022 12:13
Jakarta: Untuk kali pertama, Piala Dunia digelar di luar musim panas atau Juni-Agustus. Piala Dunia 2022 di Qatar adalah anomali yang pergelarannya harus dipindah ke musim dingin, yakni November-Desember 2022.
 
Selain itu, turnamen empat tahunan ini juga digelar di tengah kompetisi domestik atau liga-liga top Eropa. Dan, untuk mengakomodir jadwal, operator kompetisi di liga-liga top Eropa akhirnya meliburkan kompetisi mereka sepanjang gelaran Piala Dunia dan melanjutkannya kembali setelah turnamen.
 
Penundaan kompetisi harus dilakukan karena banyak para pemain yang berlaga di Piala Dunia 2022 bermain di kompetisi-kompetisi elite di berbagai belahan dunia. Di lima Liga top Eropa misalnya; beberapa klub yang berlaga di kompetisi EPL, Serie A, La Liga, Bundesliga hingga Ligue 1 harus kehilangan banyak pemainnya karena harus membela negara mereka di Piala Dunia 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lalu, klub manakah yang tercatat sebagai penyumbang pemain terbanyak di Piala Dunia 2022 yang akan digelar mulai 20 Oktober hingga 18 Desember mendatang?
 
Berikut 14 Klub penyumbang pemain terbanyak di Piala Dunia 2022:
 
1. Barcelona (17)
Meskipun saat ini kondisi Barcelona secara finansial maupun prestasi tidak terlalu mentereng, namun klub berjuluk Blaugrana tersebut ternyata masih jadi daya tarik buat para pemain terbaik dunia. Terbukti, Barcelona mengirimkan 17 pemainnya untuk berlaga di Piala Dunia 2022.
 
Dari 17 pemain tersebut, tak mengherankan apabila mayoritas para pemain Barcelona membela Timnas Spanyol. Teranyar, bek muda Barca Alejandro Balde dipanggil ke Timnas untuk menggantikan Jose Gaya yang mengalami cedera.
 
Daftar lengkap pemain Barcelona di Piala Dunia 2022:
Ronald Araujo (Uruguay), Sergio Busquets (Spanyol), Jordi Alba (Spanyol), Alejandro Balde (Spanyol) Ansu Fati (Spanyol), Eric Garcia (Spanyol), Gavi (Spanyol), Pedri (Spanyol), Ferran Torres (Spanyol) , Andreas Christensen (Denmark), Frenkie de Jong (Belanda), Memphis Depay (Belanda), Ousmane Dembele (Prancis), Jules Kounde (Prancis), Robert Lewandowski (Polandia), Raphinha (Brasil), Ter Stegen (Jerman).
 
2. Bayern Munich (16)
Awalnya, sebelum Barcelona menambah jumlah pemainnya di Piala Dunia menjadi 17, Bayern Munich adalah klub penyumbang pemain terbanyak di Piala Dunia 2022, yakni 17 pemain.
 
Akan tetapi, baru-baru ini bomber Bayern Sadio Mane dipastikan tidak bisa memperkuat Senegal di Piala Dunia 2022 karena belum pulih dari cedera. Alhasil, Bayern harus turun ke posisi dua dalam daftar ini karena hanya mengirimkan 16 pemainnya di Piala Dunia 2022.
 
Sama seperti Barcelona, para pemain Bayern yang berangkat ke Piala Dunia 2022, mayoritas akan membela Timnas Jerman. Salah duanya adalah pemain veteran Thomas Mueller dan Manuel Neuer.
 
Daftar lengkap pemain Bayern Munich di Piala Dunia 2022:
Dayot Upamecano (Prancis), Benjamin Pavard (Prancis), Kingsley Coman (Prancis), Lucas Hernandez (Prancis), Alphonso Davies (Kanada), Matthijs de Ligt (Belanda), Serge Gnabry (Jerman), Thomas Muller (Jerman), Jamal Musiala (Jerman), Manuel Neuer (Jerman), Leroy Sane (Jerman), Leon Goretzka (Jerman), Joshua Kimmich (Jerman), Eric Maxim Choupo-Moting (Kamerun), Noussair Mazraoui (Maroko), Josip Stanisic (Kroasia).
 
3. Manchester City (16)
Jika biasanya Manchester United adalah langganan klub penyumbang pemain terbanyak di event Piala Dunia dari kompetisi Inggris, namun kali ini berbeda. Justru, rival utama mereka-lah yang menyandang predikat klub Inggris penyumbang pemain terbanyak di Piala Dunia 2022, yakni Manchester City.
 
Sama seperti Bayern Munich, jawara Liga Primer Inggris musim lalu itu juga mengirimkan 16 pemainnya untuk berlaga di Piala Dunia 2022 Qatar.
 
Status MU sebagai "Mini Timnas Inggris" pun direbut oleh tetangganya yang berisik. Manchester City kini menjadi klub Inggris yang memiliki anggota skuat "The Three Lions" terbanyak, yakni 5 pemain. Di antaranya, Phil Foden, Jack Grealish dan John Stones.
 
Daftar lengkap pemain Manchester City di Piala Dunia 2022:
John Stones (Inggris), Kyle Walker (Inggris), Kalvin Phillips (Inggris), Phil Foden (Inggris), Jack Grealish (Inggris), Manuel Akanji (Swiss), Nathan Ake (Belanda), Kevin De Bruyne (Belgia), Joao Cancelo (Portugal), Bernardo Silva (Portugal), Ruben Dias (Portugal), Ederson (Brasil), Ilkay Gundogan (Jerman), Aymeric Laporte (Spanyol), Rodri (Spanyol), Julian Alvarez (Argentina).
 
4. Al Sadd (15)
Terpilihnya Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 membuat klub raksasa Liga Qatar, Al-Sadd "ketiban durian runtuh". Pasalnya, mereka tercatat sebagai klub keempat dengan jumlah pemain terbanyak di Piala Dunia 2022, dengan 14 pemain.
 
Dari angka tersebut, hampir semuanya adalah anggota skuat Timnas Qatar. Hanya dua dari total 14 pemain Al-Sadd yang akan tampil di Piala Dunia 2022, tidak membela Qatar. Mereka adalah Andre Ayew (Ghana) dan Jung Woo-young (Korea Selatan).
 
Daftar lengkap pemain Al-Sadd di Piala Dunia 2022:
Saad Al Sheeb (Qatar), Meshaal Barsham (Qatar), Pedro Miguel (Qatar), Musaab Khidir (Qatar), Tarek Salman (Qatar), Boualem Khoukhi (Qatar), Abdelkarim Hassan (Qatar), Ali Asad (Qatar), Mohammed Waad (Qatar), Salem Al Hajri (Qatar), Mustafa Meshaal (Qatar), Hassan Al Haydos (Qatar), Akram Afif (Qatar), Andre Ayew (Ghana), Jung Woo-young (Korea Selatan).
 
5. Manchester United (14)
Meski tidak menjuarai Liga Inggris selama delapan musim (kemungkinan menjadi sembilan musim pada 2022 - - 2023), Manchester United masih mempertahankan salah satu skuat termahal di dunia, termasuk 14 pemain yang akan berangkat ke Piala Dunia 2022.
 
Salah satunya adalah Cristiano Ronaldo yang belakangan ini terus menjadi berita utama setelah wawancara eksplosifnya yang membuat kubu Setan Merah berang. Ronaldo di usia 37 tahun akan berjuang di Piala Dunia kelimanya untuk meraih trofi Piala Dunia pertamanya bersama Portugal.
 
Yang menarik, jumlah penggawa Timnas Inggris di MU untuk Piala Dunia 2022 hanya berjumlah tiga pemain, yakni Harry Maguire, Marcus Rashford dan Luke Shaw. Jumlah ini masih kalah banyak dibanding pemain Timnas Brasil yang berjumlah empat pemain; Casemiro, Antony, Fred dan Alex Telles yang tengah dipinjamkan ke klub Spanyol, Sevilla.
 
Daftar lengkap pemain MU di Piala Dunia 2022:
Antony (Brasil), Casemiro (Brasil), Alex Telles (dipinjamkan ke Sevilla — Brasil), Diogo Dalot (Portugal), Bruno Fernandes (Portugal), Cristiano Ronaldo (Portugal), Christian Eriksen (Denmark), Fred (Brasil), Harry Maguire (Inggris), Marcus Rashford (Inggris), Tyrell Malacia (Belanda), Luke Shaw (Inggris), Facundo Pellistri (Uruguay), Raphael Varane (Prancis).
 
6. Real Madrid (13)
Real Madrid sebagai kampiun La Liga dan Liga Champions musim lalu, Real Madrid akan mengirimkan 13 pemainnya untuk berbagai skuat di Piala Dunia 2022. Itu termasuk pemenang Ballon d'Or 2022 Karim Benzema, yang dipanggil oleh Prancis meski sebelumnya dihina di pentas internasional.
 
Vinicius Junior, Eder Militao dan Rodrygo semuanya masuk dalam skuat terakhir Brasil, yang difavoritkan untuk memenangkan kompetisi. Yang unik, hanya dua pemain Madrid yang akan berangkat ke Piala Dunia 2022 untuk membela Spanyol, yakni Marco Asensio dan Dani Carvajal.
 
Daftar lengkap pemain Real Madrid di Piala Dunia 2022:
Karim Benzema (Prancis), Eduardo Camavinga (Prancis), Aurelien Tchouameni (Prancis), Marco Asensio (Spanyol), Dani Carvajal (Spanyol), Thibaut Courtois (Belgia), Eden Hazard (Belgia), Eder Militao (Brasil), Vinicius Jr (Brasil), Rodrygo (Brasil), Luka Modric (Kroasia), Antonio Rudiger (Jerman), Federico Valverde (Uruguay).
 
7. Chelsea (13)
Jawara Liga Champions dua musim lalu, Chelsea memiliki 12 pemain yang akan bergabung dengan berbagai skuat internasional mereka untuk Piala Dunia.
 
Dari enam klub di atas, Chelsea mungkin jadi klub yang paling tidak identik dengan salah satu negara. Dari 13 pemain yang akan berlaga di Piala Dunia 2022, di luar trio Mason Mount, Conor Gallagher dan Raheem Sterling yang akan membela Timnas Inggris, hampir semuanya tersebar di negara-negara berbeda.
 
Daftar lengkap pemain Chelsea di Piala Dunia 2022:
Mason Mount (Inggris), Conor Gallagher (Inggris), Raheem Sterling (Inggris), Eduoard Mendy (Senegal), Kalidou Koulibaly (Senegal), Christian Pulisic (AS), Ethan Ampadu (Dipinjamkan ke Spezia — Wales), Cesar Azpilicueta ( Spanyol), Kai Havertz (Jerman), Hakim Ziyech (Maroko), Mateo Kovacic (Kroasia), Thiago Silva (Brasil), Denis Zakaria (Swiss).
 
8. Al Hilal (12)
Dikenal sebagai klub Asia paling berprestasi sepanjang masa berkat 65 gelar resmi mereka, juara Liga Profesional Saudi Al-Hilal memiliki 12 pemain yang akan menuju Piala Dunia 2022.
 
Dalam daftar ini, Al Hilal adalah satu-satunya klub yang mana seluruh pemainnya bermain di satu timnas; Arab Saudi. Secara chemistry, mungkinkah Arab Saudi diuntungkan dengan banyak pemain yang bermain untuk satu klub?
 
Daftar lengkap pemain Al-Hilal di Piala Dunia 2022:
Mohammed Al-Owais (Arab Saudi), Yasser Al-Shahrani (Arab Saudi), Ali Al-Bulaihi (Arab Saudi), Mohammed Al-Breik (Arab Saudi), Saud Abdulhamid (Arab Saudi), Salman Al-Faraj (Arab Saudi ), Mohamed Kanno (Arab Saudi), Abdulellah Al-Malki (Arab Saudi), Abdullah Otayf (Arab Saudi), Nasser Al-Dawsari (Arab Saudi), Salem Al-Dawsari (Arab Saudi), Saleh Al-Shehri (Arab Saudi ).
 
9 – 14: Enam Klub (11)
Di luar delapan klub di atas, ada enam klub yang memiliki jumlah pemain yang sama di Piala Dunia 2022 Qatar. Mereka berasal dari empat kompetisi berbeda, yakni;
 
9. Tottenham Hotspur (EPL)
Hugo Lloris (France), Eric Dier (England), Ben Davies (Wales), Joe Rodon (Wales), Pierre-Emile Hojbjerg (Denmark), Rodrigo Bentancur (Uruguay), Pape Matar Sarr (Senegal), Richarlison (Brazil), Ivan Perisic (Croatia), Son Heung-min (South Korea), Harry Kane (England)
 
10. Juventus (Serie A)
Angel Di María (Argentina), Leandro Paredes (Argentina), Danilo (Brasil), Bremer (Brasil), Alex Sandro (Brasil), Adrien Rabiot (France), Wojciech Szczesny (Poland), Arkadiusz Milik (Poland), Dusan Vlahovic (Serbia), Filip Kostic (Serbia), Weston McKennie (USA)
 
11. PSG (Ligue 1)
Keylor Navas (Costa Rica), Achraf Hakimi (Morocco), Presnel Kimpembe (France), Marquinhos (Brasil), Nordi Mukiele (France), Nuno Mendes (Portugal), Danilo (Portugal), Vitinha (Portugal), Kylian Mbappe (France), Lionel Messi (Argentina), Neymar (Brasil)
 
12. Borussia Dortmund (Bundesliga)
Karim Adeyemi (Germany), Jude Bellingham (England), Julian Brandt (Germany), Raphael Guerreiro (Portugal), Thorgan Hazard (Belgium), Gregor Kobel (Switzerland), Thomas Meunier (Belgium), Youssoufa Moukoko (Germany), Gio Reyna (USA), Nico Schlotterbeck (Germany), Niklas Süle (Germany)
 
13. Ajax Amsterdam (Eredivisie)
Steven Berghuis (Netherland), Daley Blind (Netherland), Steven Bergwijn (Netherland), Davy Klaassen (Netherland), Jurrien Timber (Netherland), Remko Pasveer (Netherland), Kenneth Taylor (Netherland), Edson Alvarez (Mexico) Jorge Sanchez (Mexico), Dusan Tadic (Serbia), Mohammed Kudus (Ghana)
 
14. Atletico Madrid (La Liga)
Rodrigo De Paul (Argentina), Angel Correa (Argentina), Antoine Griezmann (France), Koke (Spain), Marcos Llorente (Spain), Alvaro Morata (Spain), Axel Witsel (Belgium), Ivo Grbic (Croatia), Joao Felix (Portugal), Jose Gimenez (Uruguay)
 
Jadwal Piala Dunia Qatar 2022
Daftar 14 Klub Penyumbang Pemain Terbanyak di Piala Dunia 2022
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id
 
 
(ASM)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif