Antoine Griezmann. (Foto: AFP/Gabriel Bouys)
Antoine Griezmann. (Foto: AFP/Gabriel Bouys)

5 Transfer Pemain Fantastis yang Terburuk dalam Sejarah Sepak Bola

Friko Simanjuntak • 06 Juli 2022 16:53
Jakarta: Selama satu dekade terakhir, bursa transfer pemain telah mengalami pergeseran paradigma. Kehadiran klub-klub yang disokong negara atau pemilik kaya raya membuat nilai transfer pemain tak lagi masuk logika.
 
Kita bisa ambil contoh Paris Saint Germain dan Manchester, dua klub yang disokong dana tidak terbatas dari "Crazy Rich" asal Timur Tengah tersebut. Kedua tim ini kerap membuat kehebohan di bursa transfer dengan menggelontorkan dana fantastis untuk satu pemain.
 
Transfer Neymar Da Silva dari Barcelona ke PSG pada musim panas 2017 menjadi buktinya. Bagaimana PSG dengan mudahnya mengeluarkan dana 222 juta euro (Rp3,4 triliun) untuk memboyong Neymar. Hingga kini, jumlah tersebut masih menjadi rekor transfer tertinggi dalam sejarah sepak bola.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal inilah yang kemudian "merusak" harga pemain di bursa transfer pemain. Klub harus menyiapkan dana selangit untuk mendapatkan pemain top. Sialnya tidak semua pemain dengan harga selangit memberikan penampilan sesuai dengan ekspektasi. Tidak sedikit investasi besar yang dilakukan klub justru berakhir mengecewakan.
 
Merangkum dari Sportskeeda, berikut adalah lima transfer fantastis (di atas 100 juta euro) terburuk dalam sejarah sepak bola:

5. Antoine Griezmann - 120 juta euro

(Dari Atletico Madrid ke Barcelona pada 2019)
 
Antoine Griezmann adalah salah satu pemain terbaik dunia ketika Barcelona menghabiskan €120 juta untuk mengontraknya dari Atletico Madrid pada 2019.
 
Pemenang Piala Dunia 2018 akan menjadi penerus Luis Suarez di Camp Nou, tetapi dia tidak pernah bisa berkembang pesat di Catalonia.
 
Griezmann mencetak 15 gol dan memberikan empat assist dalam 48 penampilan di berbagai kompetisi untuk Blaugrana pada musim debutnya. Dia sering tampak tidak mengerti tentang perannya dalam tim dan tampaknya berjuang untuk bermain dengan percaya diri di depan gawang.
 
Peran pemain internasional Prancis itu sempat meningkat tajam pada musim berikutnya (2020 -- 2021). Dia mencetak 20 gol dan memberikan 13 assist dalam 51 pertandingan di semua kompetisi.
 
Terlepas dari peningkatannya, Barcelona tidak menganggapnya sebagai anggota klub yang sangat berharga dan mengembalikannya ke Atletico dengan status pinjaman, beberapa hari setelah musim 2021 -- 2022 bergulir.
 
Griezmann, yang telah mencetak 35 gol untuk Barcelona dalam 102 pertandingan, akan kembali ke Camp Nou pada akhir kontrak pinjaman dua tahun, yakni pada akhir musim 2022 -- 2023.

4. Romelu Lukaku - 113 juta euro

(Dari Inter Milan ke Chelsea pada 2021)
 
Romelu Lukaku tidak memiliki beruntung pada awa-awal petualangannya di Chelsea. Dia memainkan 15 pertandingan untuk tim senior The Blues antara 2011 dan 2014. Di antaranya, pemain Belgia itu menghabiskan dua musim dengan status pinjaman di West Bromwich Albion dan Everton, masing-masing.
 
Lukaku akhirnya dijual ke Everton dengan biaya 35,36 juta euro pada tahun 2014 dan menemukan jalan kembali ke Stamford Bridge melalui Inter Milan musim panas lalu (2021 -- 2022).
 
Ditandatangani dengan rekor klub 113 juta euro, Lukaku diharapkan untuk mengakhiri kesengsaraan mencetak gol Chelsea. Nahas, ia justru menambah kesengsaraan Chelsea lantaran jarang memberikan penampilan yang menonjol. Lukaku juga menciptakan kontroversi di luar lapangan dengan menyatakan cintanya kepada mantan klubnya Inter Milan.
 
Pada musim 2021 -- 2022, Lukaku ambil bagian dalam 44 pertandingan di seluruh kompetisi untuk The Blues, mencatatkan 15 gol dan dua assist.
 
Kecewa dengan penampilannya dan menyadari niatnya untuk kembali ke Inter, Chelsea baru-baru ini membuat kesepakatan pinjaman bernilai 8 juta euro selama satu musim dengan klub Italia itu.
 
Lukaku akan kembali ke Stamford Bridge setelah akhir musim 2022 -- 2023.
 
 
Halaman Selanjutnya
3. Paul Pogba - 105…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif