Raikkonen Hengkang, Ferrari Rekrut Charles Leclerc
Kimi Raikkonen (Foto: AFP/Andrej Isakovic)
Maranello: F1 2018 menjadi periode terakhir Kimi Raikkonen bersama Ferrari. Pembalap asal Finlandia tersebut memutuskan hengkang dari The Prancing Horse pada akhir musim ini.

Nantinya, Raikkonen akan bergabung dengan Sauber pada musim 2019. Ia diikat kontrak oleh Sauber selama dua tahun.

Kepastian Raikkonen hengkang dikonfirmasi langsung oleh kepala tim Ferrari Maurizio Arrivabene pada Selasa 11 September. Pada kesempatan itu, ia tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada pembalap 38 tahun tersebut atas kontribusi untuk timnya.


Baca: Rossi Angkat Bicara Soal Aksi Fenati, Mantan Anak Didiknya di Tim VR46

"Selama beberapa tahun belakangan, kontribusi Raikkonen kepada tim, baik sebagai pembalap atau pun di luar pekerjaannya, merupakan suatu dasar buat kami," ujar Arrivabene.

Raikkonen menjadi sosok yang sudah melekat dengan Ferrari. Sebab, ia memperkuat tim Kuda Jingkrak selama dua periode. 

Musim 2007 hingga 2009 menjadi periode pertama Raikkonen bersama Ferrari. Dalam periode tersebut, ia sukses meraih gelar F1 pada musim 2007. Pada 2010, Raikkonen memutuskan pindah ke Lotus.

Namun, pembalap asal Finlandia itu kembali memutuskan bergabung dengan Ferrari pada 2014. Hanya saja, kebersamaannya dengan Ferrari dalam periode kedua ini tidak berjalan mulus. Tidak satu pun gelar berhasil diraihnya. Meski demikian, kontribusinya tetap diapresiasi oleh Ferrari.

"Ia menjadi peran penting dalam pertumbuhan tim dan pada saat bersamaan, selalu menjadi pembalap hebat untuk tim. Sebagai juara dunia untuk Ferrari, ia akan selalu menjadi bagian dari sejarah dan keluarga tim. Kami berterima kasih kepada Raikkonen untuk semua ini. Kami mengharapkan yang terbaik untuknya dan keluarganya di masa depan," lanjutnya.

Baca: Menpora Yakin Indonesia Tak Kekurangan Atlet

Sebagai gantinya, Ferrari menunjuk Charles Leclerc menjadi pembalap mereka pada musim 2019. Ia akan menjadi rekan setim baru bagi Sebastian Vettel.

Leclerc merupakan jebolan dari akademi Ferrari. Sepanjang kariernya, ia sudah menunjukkan prestasi yang cukup oke di level junior. Dua gelar dimenangkannya seperti GP3 dan F2. 

Leclerc akhirnya bergabung dengan Sauber pada 2018. Namun, perjalanannya bersama Sauber kurang mulus. Ia saat ini menempati peringkat ke-15 klasemen pembalap sementara dengan mengoleksi 13 poin. Pencapaian terbaiknya sejauh ini adalah meraih peringkat keenam di GP Azerbaijan. (Crash)


Video: Tekan Rem Lawan, Romano Fenati Dipecat Marinelli Snipers

 



(PAT)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id