Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Andi Widjajanto.
Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Andi Widjajanto.

Kunjungan Jokowi ke Rusia dan Ukraina Demi Menyukseskan G20

Theofilus Ifan Sucipto • 03 Juli 2022 10:50
Jakarta: Kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Rusia dan Ukraina untuk membawa misi perdamaian. Lawatan ke dua negara yang tengah berkonflik tersebut juga untuk menstabilkan kondisi dunia hingga menyukseskan G20.
 
“Ini untuk menormalisasi G20 agar Rusia hadir dan anggota G20 lainnya hadir,” kata Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Andi Widjajanto dalam diskusi virtual Crosscheck Medcom.id bertajuk ‘Sukses Besar! Jalur Pangan Rusia Terbuka, Jokowi: Mission Accomplished,’ Minggu, 3 Juli 2022.
 
Andi mengatakan Kepala Negara juga merespons krisis pangan dan energi global. Konflik antara Rusia dan Ukraina harus segera diredam agar situasi global lebih kondusif.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Minimal ada kesepakatan gencatan senjata, sehingga konflik reda dan memecahkan krisis komoditas terutama pangan dan energi,” ujar dia.
 
Presiden Joko Widodo beserta rombongan terbatas tiba di Indonesia pada Sabtu, 2 Juli 2022. Kepala Negara rampung melakukan kunjungan kerja ke empat negara, yakni Jerman, Ukraina, Rusia, dan Persatuan Emirat Arab (PEA) selama sepekan.
 

Baca: Moeldoko: Lawatan Presiden ke Ukraina-Rusia Murni Demi Kemanusiaan


Jokowi juga melakukan sejumlah pertemuan bilateral, antara lain dengan Kanselir Jerman, Presiden Prancis, Perdana Menteri (PM) India, PM Kanada, dan PM Inggris. Presiden kembali menekankan waktu dunia tidak panjang untuk menyelesaikan gangguan rantai pasok pangan yang menyebabkan kelangkaan dan kenaikan harga pangan dan pupuk.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif