Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko. Foto: MI
Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko. Foto: MI

Moeldoko: Lawatan Presiden ke Ukraina-Rusia Murni Demi Kemanusiaan

Indriyani Astuti • 02 Juli 2022 17:15
Jakarta: Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko menegaskan kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Ukraina dan Rusia bukan sebagai juru runding. Lawatan Jokowi membawa misi perdamaian dan kemanusiaan.
 
"Di saat negara lain memilih untuk diam atau memihak, tapi Indonesia memilih untuk aktif bergerak mengusahakan perdamaian," ujar Moeldoko, seperti dikutip dari siaran pers KSP, Sabtu, 2 Juli 2022.
 
Dia mengatakan apa yang dilakukan Jokowi merupakan contoh pentingnya menyuarakan hal baik tentang kemanusiaan. Presiden, kata dia, memiliki tekad memperjuangkan perdamaian antara Rusia dan Ukraina yang saat ini tengah berperang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Apalagi, perang mengganggu stabilitas global baik dari segi ekonomi, sosial, dan kemanusiaan. Alih-alih menunggu, Jokowi justru berkunjung langsung ke dua negara yang terlibat konflik dan melakukan dialog dengan dua presidennya.
 
"Presiden telah membuktikan bahwa perdamaian mutlak diperjuangkan dengan segala risikonya, bukan hanya menunggu," tegas Moeldoko.
 

Baca: Kunjungan Jokowi ke Ukraina dan Rusia Dinilai Turunkan Tensi Geopolitik


Moeldoko menegaskan pemerintah Indonesia ingin menjaga perdamaian dunia dan menjaga prinsip pendiri bangsa sebagai inisiator gerakan non blok atau tidak berpihak. "Sebagai pemegang Presidensi G20, Indonesia ingin mewujudkan upaya bersama untuk pulih dari krisis pandemi dan global," kata dia.
 
Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Jokowi berkunjung ke Ibu kota Ukraina Kyiv, Rabu, 29 Juni 2022. Selain bertemu dan berdialog dengan Presiden Ukraina Zelenskyy, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana juga secara simbolis menyerahkan bantuan kemanusiaan berupa obat-obatan kepada pusat Ilmiah dan Bedan Endokrin, Transplantasi Organ, dan Jaringan Endokrin Ukraina, di Kota Kyiv.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif