Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

Yasonna Minta Anak yang Berhadapan dengan Hukum Tak Dicap Penjahat Kecil

Nasional Hari Anak Nasional Kemenkumham
Fachri Audhia Hafiez • 23 Juli 2021 15:18
Jakarta: Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly meminta masyarakat tak memandang rendah anak-anak yang berhadapan dengan hukum. Mereka masih punya kesempatan untuk menjadi penerus bangsa.
 
"Saya meminta kita semua untuk tidak melihat anak yang pernah berhadapan dengan hukum sebagai penjahat kecil, melainkan calon-calon penerus bangsa," kata Yasonna dalam acara puncak Hari Anak Nasional 2021 melalui akun YouTube Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Jumat, 23 Juli 2021.
 
Menurut Yasonna, mereka tak pernah ingin masuk sistem peradilan anak. Ketika menjalani pidana, mereka juga berhak mendapat perlindungan, pembinaan, pendidikan, dan pelayanan kesehatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Konstitusi negara republik Indonesia dengan jernih menyebutkan bahwa setiap anak berhak atas keberlangsungan hidup tumbuh dan berkembang," ujar Yasonna.
 
Politikus PDI Perjuangan itu menuturkan langkah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menjaga kepentingan anak-anak yang berhadapan dengan hukum adalah memberikan remisi. Sebanyak 1.020 anak mendapat remisi peringatan Hari Anak Nasional 2021.
 
"Pemberian remisi ini bukan sekadar amanat undang-undang, melainkan bentuk nyata kepedulian Kemenkumham dalam mengedepankan kepentingan anak dan mempercepat proses integrasi anak ke tengah-tengah masyarakat," ucap Yasonna.
 
Pemberian remisi, kata Yasonna, supaya anak-anak cepat berkumpul dengan keluarga dan masyarakat. Selain itu, mereka juga bisa segera menata kembali masa depannya.
 
"Tentu ini akan lebih mudah tercapai jika semua pihak berkomitmen untuk menghapus stigma terhadap anak-anak yang berhadapan dengan hukum," kata Yasonna.
 
Baca: Sri Mulyani: APBN Dukung Masa Depan Anak-anak
 
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati turut hadir dalam kegiatan Hari Anak Nasional 2021. Presiden ke-5 RI sekaligus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Megawati Soekarnoputri juga hadir secara virtual.
 
Hari Anak Nasional digelar setiap 23 Juli. Tema yang diusung khusus tahun ini, yakni "Anak Terlindungi, Indonesia Maju", dengan tagline #AnakPeduliDiMasaPandemi.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif