NEWSTICKER
Presiden Joko Widodo. Foto: Medcom.id/Achmad Zulfikar Fazli
Presiden Joko Widodo. Foto: Medcom.id/Achmad Zulfikar Fazli

Jokowi Minta Eselon III dan IV Digantikan Kecerdasan Buatan

Nasional pejabat eselon kecerdasan buatan
Desi Angriani • 28 November 2019 12:33
Jakarta: Presiden Joko Widodo ingin mengganti jabatan struktural pegawai negeri sipil (PNS) eselon III dan IV di kementerian/lembaga dengan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Jokowi ingin segala sesuatunya dilakukan dengan cepat.
 
"Saya sudah perintahkan juga ke MenPAN RB, eselon III dan IV diganti dengan AI, kalau diganti artificial intelligence birokrasi kita lebih cepat," ujarnya dalam pembukaan Kompas 100 CEI Forum Tahun 2019 di Grand Ballroom Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Kamis, 28 November 2019
 
Jokowi menuturkan aturan mengenai penggantian tenaga manusia dengan AI bakal masuk dalam konsep omnibus law. Ia memastikan perampingan jabatan eselon dilakukan tahun depan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perampingan jabatan akan dimulai dengan memangkas jabatan eselon IV lalu berlanjut ke eselon III. "Tahun depan akan kita lakukan pengurangan eselon," kata dia.
 
Rencana perampingan jabatan eselon dalam tubuh kementerian muncul dalam pidato Joko Widodo usai dilantik sebagai Presiden periode 2019-2024. Jokowi menjelaskan penyederhanaan birokrasi harus dilakukan besar-besaran.
 
Investasi penciptaan lapangan kerja harus diprioritaskan. Birokrasi yang panjang harus dipangkas. Hal itu dianggap penting agar memberikan stimulus positif pada perekonomian Indonesia di masa mendatang.
 
"Eselon harus disederhanakan. Eselon I, eselon II, eselon III, eselon IV, apa tidak kebanyakan? Saya minta untuk disederhanakan menjadi dua level saja, diganti dengan jabatan fungsional yang menghargai keahlian, menghargai kompetensi," kata Jokowi.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif