Surya Paloh Miris Fenomena Gerakan Massa Berkaus
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh saat memberikan arahan kepada kader di Kenjeran Park, Surabaya, Minggu (8/4/2018). Foto: MI/Rommy Pujianto
Jakarta: Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyinggung fenomena gerakan #2019GantiPresiden dan #DiaSibukKerja. Fenomena ini harus menjadi renungan bersama.

"Sekarang lagi mabuknya kita dengan berbagai hashtag kaus 'ganti presiden', maka di-counter lagi dengan hashtag kaus 'presiden sedang sibuk bekerja'," ucap Surya di Gedung Akademi Bela Negara (ABN) NasDem, Jakarta Selatan, Rabu, 2 Mei 2018.

Surya menilai, fenomena ini bisa menjadi indikasi masyarakat sangat mudah terbawa arus. Masyarakat juga cenderung memosisikan diri untuk terus mencari perbedaan di antara sesama warga bangsa.


"Kita terlalu mudah terprovokasi dalam perbedaan untuk mencari perbedaan," ujarnya.

Surya percaya Indonesia sejatinya merupakan bangsa yang memiliki nilai kebersamaan dan sportivitas yang tinggi. Bangsa Indonesia juga memiliki semangat ramah-tamah dan kepedulian terhadap sesama.

"Otentiknya Indonesia berangkat dari sifat dan sikap seperti itu. Tapi, hari ini telah bergeser begitu jauh," kata dia.

Surya menganggap gerakan #2019GantiPresiden dan #DiaSibukKerja bukan sekadar dialektika biasa. Terlebih, ketika pemahaman atas fenomena ini belum didasari dengan semangat kebebasan berekspresi dan berpendapat.

"Ketika pemahaman ini belum mampu membedakan di mana batas koridor, di mana ruang lingkup untuk mengekpresikan pikiran-pikiran yang berbeda, makin banyak terbuang energi kita. Ini jadi kegalauan kita," jelasnya.

Baca: Sandi Curiga Video Intimidasi #2019GantiPresiden Hoaks

Fenomena gerakan #2019GantiPresiden dan #DiaSibukKerja belakangan mencuat. Kondisi ini dipandang banyak pihak sebagai ekspresi kubu pendukung Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto melawan petahana Joko Widodo jelang Pilpres 2019.

Fenomena gerakan ini menjadi perbincangan setelah ada insiden dugaan perisakan yang dilakukan salah satu kelompok di lokasi car free day (CFD), Jakarta, Minggu, 29 April. Video yang memperlihatkan perisakan itu pun viral di media sosial dan berujung laporan polisi.





(UWA)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360