Sandi Curiga Video Intimidasi #2019GantiPresiden Hoaks

Muhammad Al Hasan 30 April 2018 17:15 WIB
kekerasancar free day
Sandi Curiga Video Intimidasi #2019GantiPresiden Hoaks
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno saat memasuki ruangan pemeriksaan di Polda Metro Jaya. Foto: Antara/Galih Pradipta.
Jakarta: Wakil Gubernur Sandiaga Uno curiga video intimidasi massa berkaus #2019GantiPresiden kepada kelompok berseragam #DiaSibukKerja hoaks. Dia pun sedang mencari kebenaran peristiwa itu. 

"Kan sekarang sudah ada teknologinya tuh bikin video hoaks. Jadi, aku lagi minta (Tim) Smart City pastikan dulu," kata Sandi di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin, 30 April 2018.

Menurut dia, Jakarta Smart City dapat mengetahui keaslian video tersebut. Hal ini ia tempuh sebagai upaya pertimbangan untuk mengambil langkah selanjutnya terkait permasalahan pemanfaatan car free day sebagai ajang politik.


"Videonya kan yang masuk banyak sekali bukan hanya yang kita lihat yang viral. Ada beberapa video. Itu lagi saya kirim ke Tim Smart City untuk tentuin bahwa mereka itu legitimate," jelas Sandi.

Baca: Massa #2019GantiPresiden di CFD Diduga Ditunggangi Aktor Politik

Puluhan orang berkumpul di CFD, Bundaran Hotel Indonesia, Minggu, 29 April 2018. Mereka menyuarakan ketidakpuasan atas pemerintahan Presiden Joko Widodo. Massa mengaku aksi dilakukan secara sukarela dengan koordinasi lewat media sosial. 

Massa yang hadir serentak mengenakan atribut kaus bertuliskan #2019GantiPresiden. Namun, sebagian peserta terekam mengintimidasi pendukung Jokowi yang mengenakan kaus #DiaSibukKerja yang juga ada di lokasi.




(OGI)