Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Lebih Akurat, BLT BBM Dinilai Lebih Efektif Ketimbang Subsidi

Anggi Tondi Martaon • 07 November 2022 18:04

Jakarta: Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) dinilai lebih efektif ketimbang subsidi BBM. Pengamat politik Dedi Kurnia Syah menyebut bantuan itu lebih akurat dan tepat sasaran.

"Hal ini memungkinkan ketepatan sasaran jauh lebih pasti dibanding subsidi yang dibayarkan (dinikmati) pada korporat," kata Dedi saat dihubungi, Senin, 7 November 2022.

Dia mengatakan gagasan tersebut perlu didukung. Sebab, pemerintah telah berpikir panjang terkait subsidi BBM yang terus membebani APBN.

BLT BBM, kata dia, membuka ruang pemerintah untuk membantu langsung warga kurang mampu. "Pemerintah telah berupaya dengan rasionalitas, dan publik dengan pengalihan itu akan tetap terayomi oleh kebijakan subsidi," ujar Dedi.

Baca: Ekonomi Sulit, BLT BBM Dinilai Ampuh Lindungi Warga

Di sisi lain, dia menakar kemungkinan mengubah subsidi BBM ke sektor lain. Menurut Dedi, hal tersebut dapat dilakukan ketika keadaan perekonomian Indonesia berubah menjadi lebih baik.

"Subsidi boleh dan bagus dialihkan ke mana pun sepanjang tidak ada transaksi keuangan dengan publik, itu jauh lebih bermanfaat secara umum, bisa dialihkan ke fasilitas kesehatan, pendidikan, hingga infrastruktur," ujar Dedi.

Sebanyak Rp24,17 triliun dialokasikan untuk bantuan langsung tunai. Rinciannya, bantuan Subsidi Upah (BSU) Rp600 ribu untuk 14,6 juta pekerja dengan gaji di bawah Rp3,5 juta. Kemudian, BLT BBM sebesar Rp150 ribu per bulan selama empat bulan untuk 20,65 keluarga penerima manfaat.


 
(AZF)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif