Presiden Joko Widodo/Biro Pers Sekretariat Presiden.
Presiden Joko Widodo/Biro Pers Sekretariat Presiden.

Simpatisan Diminta Selaras dengan Sikap Jokowi Tolak 3 Periode

Anggi Tondi Martaon • 11 September 2021 17:13
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) tegas menolak wacana perubahan masa jabatan kepala menjadi tiga periode. Pendukung diminta tak menyampaikan wacana yang bertentangan dengan sikap politik Kepala Negara.
 
"Kami mengharapkan agar tegak luruslah dengan sikap presiden," kata juru bicara (jubir) Presiden Mochammad Fadjroel Rachman dalam diskusi virtual, Sabtu, 11 September 2021.
 
Dia menegaskan Jokowi tak ingin memperpanjang masa jabatan. Hal itu dinilai bertentangan dengan konstitusi yang berlaku.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi Pak Jokowi ini kan tegak lurus dengan UUD 1945, tegak lurus juga kepada reformasi, dan orang-orang yang mendukung beliau mestinya juga sudah tegak lurus pada sikap sikap politik beliau," kata dia.
 
Dia mengakui jika ada sejumlah simpatisan Kepala Negara yang mendukung wacana perubahan periode jabatan presiden. Di sisi lain, Jokowi juga tidak bisa melarang pendukungnya untuk menyuarakan hal tersebut.
 
"Ini kan bagian dari kebebasan berpendapat pendukung," ucap dia.
 
Baca: KPU Pastikan Pelaksanaan Pemilu 2024 Dipersiapkan Matang
 
Namun, hal itu diyakini tak akan terulang. Para pendukung tersebut dinilai sudah memahami sikap politik panutan mereka, yaitu Jokowi.
 
"Saya lihat ada yang beberapa menyuarakan itu sudah pada bertobat juga. Entah tobatnya tobat beneran atau tobat spt apa kita ga ngerti," ujar dia.
 
Sejumlah pendukung Jokowi menyuarakan perpanjangan masa jabatan presiden. Salah satunya disuarakan Jokowi Mania (Joman).
 
Namun, kelompok yang dipimpin Immanuel Ebenezer itu mengusulkan perpanjangan masa jabatan jokowi selama dua atau tiga tahun. Usulan itu disampaikan karena pandemi covid-19 belum mereda pada 2024. Dana Pemilu disebut dialihkan untuk perbaikan ekonomi dan sosial.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif