NEWSTICKER
Kapal pesiar Diamond Princess berlabuh di Pelabuhan Yokohama. Foto: AFP
Kapal pesiar Diamond Princess berlabuh di Pelabuhan Yokohama. Foto: AFP

Pemerintah Bahas Pemulangan 74 WNI di Diamond Princess

Nasional Virus Korona evakuasi wni
Nur Azizah • 20 Februari 2020 12:58
Jakarta: Pemerintah tengah membahas proses kepulangan warga negara Indonesia (WNI) yang dinyatakan sehat dari virus korona (Covid-19) di Kapal Diamond Princess, Jepang. Proses pemulangan harus melalui sejumlah prosedur sesuai standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).
 
"Ya sekarang 74 itu masih ada di kapal. Sekali lagi kita masih terus membahasnya dengan otoritas Jepang," kata Presiden Joko Widodo di Hotel Pacifik Place, Jakarta Pusat, Kamis, 20 Februari 2020.
 
Jokowi memastikan pemerintah tidak akan lepas tangan terhadap warga Indonesia yang dinyatakan positif virus korona. Pemerintah bakal terus berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) dan pemerintah Jepang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"KBRI selalu memantau (kesehatan mereka). Tetapi kita harus ingat, yang ada di kapal juga masih ada kurang lebih 70-an WNI," kata dia.
 
Pemerintah Bahas Pemulangan 74 WNI di Diamond Princess
Presiden Joko Widodo. Antara/Wahyu Putro
 
Jokowi memerintahkan Kementerian Luar Negeri terus berkomunikasi dengan perusahaan kapal pesiar Diamond Princess. WNI harus dipastikan mendapatkan layanan kesehatan sesuai dengan kebijakan WHO.
 
"Ini yang terus dikomunikasikan oleh Kemenlu, baik dengan perusahaan kapal, maupun juga kepada pemerintah di Jepang. Kita ingin memastikan mereka mendapat perlakuan sesuai protokol kesehatan yang sudah dikeluarkan WHO," ungkap dia.
 
Empat WNI yang merupakan anak buah kapal Diamond Princess dinyatakan positif virus korona (Covid-19). Keempat WNI tersebut telah dibawa ke rumah sakit di Chiba dan Tokyo.
 
"KBRI Tokyo sudah mengirimkan tim untuk mengunjungi dua rumah sakit untuk melihat kondisinya. Informasi terakhir kondisi mereka stabil," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.
 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif