Ilustrasi Garuda Pancasila. Antara/Irfan Anshori
Ilustrasi Garuda Pancasila. Antara/Irfan Anshori

Nasib RUU Ditentukan 2 Juli

Nasional gbhn ruu dpr RUU Haluan Ideologi Pancasila
Theofilus Ifan Sucipto • 30 Juni 2020 15:27
Jakarta: Nasib Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Indonesia (RUU HIP) akan ditentukan Kamis, 2 Juli 2020. Legislatif bakal bertemu dengan pemerintah untuk membahas kelanjutan dari RUU tersebut.
 
"Besok Kamis akan kita putuskan bersama dengan pemerintah," kata Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR Supratman Andi Agtas di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa, 30 Juni 2020.
 
Supratman menegaskan Baleg tidak lagi berwenang menarik RUU HIP. Apalagi, draf RUU tersebut kadung dibuat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, kewenangan itu kini berada di badan musyawarah (Bamus) DPR. Seluruh fraksi harus sepakat di Bamus jika ingin RUU HIP ditarik.
 
Baca: RUU PIP Dinilai Tidak Selesaikan Polemik
 
Baleg, kata Supratman, bakal menyalahi aturan jika langsung menarik RUU HIP. Baleg baru bisa bergerak setelah ada keputusan dari Bamus.
 
"Kecuali Bamus memerintahkan Baleg mengevaluasi program legislasi nasional (prolegnas), kita lakukan," kata dia.
 
Sebelumnya, Ketua MPR Bambang Soesatyo menyebut pemerintah tengah mengkaji lebih dalam draf RUU HIP. Pemerintah akan memperbaiki beberapa ketentuan yang mendapat penolakan dari masyarakat.
 
"Saya dengar pemerintah akan memperbaiki dan mengubah daftar isian masalah RUU itu, di mana pasal-pasal yang sensitif dan kontroversi itu didalami lagi," kata Bamsoet di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Sabtu, 27 Juni 2020.
 
Bahkan, kata Bamsoet, perubahan itu berpotensi mencakup dikembalikannya nama RUU HIP menjadi RUU Pembinaan Ideologi Pancasila (RUU PIP). Nama ini pula yang masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2020.
 

(JMS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif