Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo. Foto: Medcom.id
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo. Foto: Medcom.id

Tjahjo Kumolo Ajak Seluruh Instansi Dukung SPI Demi Birokrasi Bebas Korupsi

Nasional Pemberantasan Korupsi reformasi birokrasi kemenpan-rb
Antara • 28 April 2022 04:00
Jakarta: Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo berharap seluruh instansi pemerintahan mendukung pelaksanaan Survei Penilaian Integritas (SPI) 2022. Hal tersebut demi mewujudkan birokrasi yang bersih dari tindak pidana korupsi.
 
"Kami mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang melaksanakan SPI dengan harapan agar seluruh instansi pemerintahan, baik di pusat maupun daerah, turut mendukung upaya ini sebagai salah satu langkah dalam mendorong birokrasi yang lebih bersih dari korupsi," kata Tjahjo dalam sosialisasi pelaksanaan SPI bertajuk 'Ukur Risiko Korupsi di Instansi melalui SPI' dilansir Antara, Kamis, 28 April 2022.
 
Baca: ASN Dilarang Mudik Menggunakan Mobil Dinas

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya, SPI akan mendorong perbaikan sistem pemerintahan dan peningkatan integritas seluruh aparatur dalam instansi pemerintahan. Mulai dari kementerian/lembaga, pemerintah daerah provinsi dan kabupaten/kota, hingga instansi-instansi lainnya.
 
Dengan demikian, potensi keberadaan tindakan koruptif dapat dicegah dan diatasi. "Jika nilai integritas dipegang teguh dan dijunjung secara konsisten oleh setiap individu dalam instansi pemerintahan, maka nilai ini akan menjadi budaya organisasi yang kokoh dan membuat berbagai bentuk potensi tindakan koruptif menjadi terkikis dan tidak mendapat tempat," papar Tjahjo.
 
Tjahjo menyampaikan aparatur pemerintahan yang berintegritas akan mendorong terjadinya reformasi birokrasi yang lebih cepat. "Reformasi birokrasi akan berhasil lebih cepat apabila integritas para aparatur pemerintahan semakin meningkat. Begitu pula sebaliknya, peningkatan integritas itu akan mendorong reformasi birokrasi semakin cepat," ucap dia.
 
Tjahjo mengatakan pemberantasan korupsi tidak dapat dilakukan secara optimal apabila hanya berfokus pada tindakan pendidikan antikorupsi kepada masyarakat dan pencegahan. "Diperlukan pula upaya perbaikan sistem yang salah satunya dapat dilakukan melalui kegiatan SPI," tutur Tjahjo.
 
 
 
(DEV)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif