Presiden Joko Widodo. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden.
Presiden Joko Widodo. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden.

Jokowi akan Bujuk Zelensky dan Putin Membuka Ruang Dialog

Andhika Prasetyo • 26 Juni 2022 10:53
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan membujuk Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky membuka ruang dialog dengan pemerintah Rusia. Jokowi akan bertolak menuju Ukraina selepas menghadiri KTT G7 di Jerman pada 26-27 Juni.
 
"Setelah dari Jerman, saya akan mengunjungi Ukraina dan akan bertemu Presiden Zelensky. Misinya, mengajak Presiden Zelensky membuka ruang dialog dalam rangka membangun perdamaian karena perang harus dihentikan," ujar Jokowi di Bandara Soekarno-Hatta, Banten, Minggu, 26 Juni 2022.
 
Kepala Negara juga akan meminta Ukraina membuka kembali perdagangan pangan, terutama gandum ke luar negeri. "Yang berkaitan dengan rantai pasok pangan harus diaktifkan kembali," ujar dia.
 
Baca: Kunjungan Jokowi ke Rusia-Ukraina Upaya RI Sebagai Juru Damai

Selepas dari Kiev, Jokowi akan melanjutkan misi perdamaian ke Rusia. Ia diperkirakan tiba di Moskow dan bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin pada 30 Juni.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sekali lagi, dengan misi yang sama, saya akan mengajak Presiden Putin membuka ruang dialog dan sesegera mungkin melakukan gencatan senjata dan menghentikan perang," jelas dia.
 
Menurut Jokowi, kunjungan krusial tersebut tidak hanya penting bagi Indonesia, tetapi juga bagi seluruh negara di dunia. Terutama, bagi negara berkembang dan berpenghasilan rendah.
 
"Ini harus dilakukan untuk mencegah rakyat di negara-negara berkembang dan berpenghasilan rendah jatuh pada kemiskinan ekstrem dan kelaparan," tutur Jokowi.
 
(DEV)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif