Ketua DPR Bambang Soesatyo. Foto: Arga Sumantri/Medcom.id
Ketua DPR Bambang Soesatyo. Foto: Arga Sumantri/Medcom.id

Airlangga Dinilai Cocok Kembali Menjadi Menteri

Nasional kabinet jokowi kabinet kerja
Anggi Tondi Martaon • 12 Juli 2019 16:09
Jakarta: Politikus Partai Golkar dianggap masih pantas menjadi pembantu Presiden Joko Widodo di periode kedua. Wakil Koordinator Bidang (Wakorbid) Pratama Partai Golkar, Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyebut keduanya berkinerja baik.
 
"Kalau ditanya siapa yang pantas di Partai Golkar untuk menduduki kursi menteri saya bisa jawab, Airlangga Hartarto (ketum Golkar) dan Agus Gumiwang," kata Bamsoet di Gedung Nusantara III Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, 12 Juli 2019.
 
Airlangga Hartarto kini menjabat menteri perindustrian. Sedangkan Agus Gumiwang menjabat menteri sosial.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, bukan tak mungkin ada kader lain yang disodorkan menjadi calon menteri Kabinet Kerja II. Namun, pengurus inti belum diajak bicara soal itu.
 
"Sebagai pengurus harian belum pernah diajak bicara," kata eks Ketua Komisi III itu.
 
Baca:Jokowi Kantongi Nama Menteri
 
Bamsoet menjelaskan keputusan siapa saja yang diusulkan menjadi pembantu di pemerintahan berada di tangan Airlangga. "Silakan tanya nanti ke ketua umum."
 
Di sisi lain, Bamsoet mendukung keinginan Presiden Joko Widodo mengambil menteri muda dalam kabinet selanjutnya. Kaum milenial dianggap memegang peranan penting menentukan masa depan bangsa.
 
Jokowi sebelumnya bertekad membentuk kabinet efektif serta responsif terhadap tantangan perubahan global yang sangat cepat. Salah satu bentuknya, kabinet lebih banyak mengakomodasi kaum muda ketimbang Kabinet Kerja jilid I.
 
"Kenapa kita penting mengakomodasi orang muda, usia 30-an, bahkan mungkin 25 tahunan, karena kaum muda umumnya lincah dalam menghadapi perubahan yang sangat cepat," papar Jokowi dalam wawancara khusus dengan Medcom.id di Istana Bogor, Senin, 1 Juli 2019.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif