Presiden Joko Widodo. Foto: MI/BARY FATHAHILAH
Presiden Joko Widodo. Foto: MI/BARY FATHAHILAH

Jokowi Kantongi Nama Menteri

Nasional kabinet jokowi kabinet kerja
Akmal Fauzi • 12 Juli 2019 13:36
Jakarta: Presiden Joko Widodo mengaku sudah mengantongi nama-nama atau jatah menteri untuk periode keduanya. Dia segera mengumumkan nama-nama tersebut.
 
"Sudah (kantongi) nama. Blueprint-nya sudah ada. Nanti kita putuskan," kata Jokowi di JCC Senayan, Jakarta, Jumat, 12 Juli 2019.
 
Jokowi juga akan mempertahankan beberapa menteri yang saat ini masih menjabat di Kabinet Kerja jilid I. "Menteri yang bertahan banyak. Ya nanti dilihatlah," ucap dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di sisi lain, dia tetap meminta partai politik koalisi menyiapkan nama-nama menteri dari anak muda dan kalangan profesional untuk dimasukan ke Kabinet Kerja jilid II. Dia mempersilakan parpol mengusulkan sebanyak-banyaknya nama calon menteri.
 
“Mau minta 10, mau minta 11, mau minta sembilan, kan enggak apa-apa, wong minta saja," ujar dia.
 
Jika parpol tidak bisa memenuhi permintaan tersebut, Jokowi akan mencari sosok anak muda untuk menjadi menterinya. "Kalau enggak ada dari partai, kita cari sendiri dari profesional. Profesional muda kan banyak banget profesional-profesional muda," kata Jokowi.
 
Joko Widodo sebelumnya bertekad membentuk kabinet yang efektif dan responsif terhadap tantangan perubahan global yang sangat cepat. Salah satu bentuknya, kabinet nanti akan mengakomodasi kaum muda.
 
"Kenapa kita penting mengakomodasi orang muda, usia 30-an, bahkan mungkin 25 tahunan, karena kaum muda umumnya lincah dalam menghadapi perubahan yang sangat cepat," papar Jokowi dalam wawancara khusus dengan Medcom.id di Istana Bogor, Senin, 1 Juli 2019.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif