Focus group discussion (FGD) 'Agri dan Maritim 4.0' - Medcom.id/Arga Sumantri.
Focus group discussion (FGD) 'Agri dan Maritim 4.0' - Medcom.id/Arga Sumantri.

Pengembangan Pertanian dan Maritim Harus Didukung Teknologi

Nasional partai nasdem pertanian kemaritiman
Arga sumantri • 21 Agustus 2019 12:28
Jakarta: Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Rhenald Kasali menyambut baik pengembangan pertanian dan maritim yang digalakan pemerintah. Namun, pengembangan perlu didukung teknologi yang mumpuni.
 
"Bagaimana teknologi mempertemukan supply dengan demand," kata Rhenald dalam focus group discussion (FGD) 'Agri dan Maritim 4.0' yang digelar Fraksi Partai NasDem, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu, 21 Agustus 2019.
 
Rhenald menyebut penerapan teknologi sangat penting, apalagi saat ini sedang menghadapi industri 4.0. Guru Besar Ekonomi Pertanian Universitas Lampung Bustanul Arifin mengamini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bustanul menyebut saat ini sektor pertanian belum menjadi income and employment multiplier. Dia menegaskan, masa depan sektor pertanian tidak akan mampu berkembang tanpa didukung teknologi.
 
"Apalagi pertumbuhan sektor manufaktur tumbuh rendah, belum menjadi lokomotif pertumbuhan. Ada fenomena industrialiasi terlalu dini," tutur Bustanul.
 
(Baca juga:NasDem Dorong Pemerintah Perluas Lahan Pertanian)
 
Ketua DPP bidang Pertanian dan Maritim Partai NasDem Emmy Hafild menyatakan FGD ini menjadi upaya NasDem mencari solusi atas cita-cita swasembada, kemandirian dan kedaulatan pangan. Emmy menyebut saat ini cita-cita tersebut belum berhasil dicapai secara berkelanjutan.
 
Makanya, dibutuhkan smart animal husbandary dan smart fishing/fishery. "Cara-cara ini mau tidak mau harus kita kejar untuk memenuhi cita-cita tersebut," ucap Emmy.
 
Sejumlah profesional turut menjadi pembicara dalam FGD. Hadir juga Rektor Institut Pertanian Bogor Arif Satrya dan Dekan Fakultas Pertanian Universitas Gajah Mada (UGM) Jamhari SP. Ada juga ahli teknologi Artificial Intelijen Binus Widodo Budiharto, CEO Hara Token Omron Zuhri, CEO 8Villages.com, Sanny Gaddafi dan CEO Mushome, Widya Putra.
 
Sementara pembicara dari NasDem, anggota Komisi IV DPR Fadholi. Hadir pula eks Menteri Perdagangan sekaligus Ketua DPP NasDem Rachmat Gobel, dan Ketua DPP NasDem Syahrul Yasin Limpo.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif