GKR Hemas tetap optimistis bisa maju dalam kontestasi pemilihan calon pimpinan DPD. MI/Susanto.
GKR Hemas tetap optimistis bisa maju dalam kontestasi pemilihan calon pimpinan DPD. MI/Susanto.

Hemas Nilai Tatib Capim DPD Sarat Kepentingan

Nasional dpd ri
Sri Yanti Nainggolan • 02 September 2019 22:48
Jakarta: Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPD) 2014-2019 GKR Hemas menganggap, aturan tata tertib baru untuk pimpinan DPD sarat kepentingan kelompok tertetntu. Namun, ia tak memungkiri bahwa perubahan tatib bisa saja terjadi.
 
"Jadi kita lihat nanti, kalau usaha pembuatan tatib yang sekarang ini banyak kepentingan kelompok, kepentingan orang," kata dia saat ditemui wartawan di Jakarta Senin, 2 September 2019.
 
Menurut dia, tatib yang diajukan untuk periode 2019-2024 tersebut perlu dipertimbangkan dan semua bergantung pada anggota DPD baru. Apalagi, anggota DPD lama jumlahnya lebih sedikit daripada anggota DPD baru.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perubahan tatib adalah hal wajar. Namun, itu semua bergantung pada persetujuan anggota DPD baru.
 
"Mau menggunakan tatib 2014-2019 atau mereka memang punya tatib sendiri yang diharapkan bisa memenuhi kegiatan atau kerja mereka," tambah dia.
 
Ketika ditanya apakah ini termasuk strategi Osman Sapta Odang (OSO) untuk menjegalnya, Hemas hanya mengacungkan jempol pada wartawan. Sebelumnya, Hemas dan OSO sempat bersitegang pasca terpilihnya OSO menjadi Ketua DPD RI periode 2017-2019. Ia tak menghadiri rapat hingga 12 kali dan diberhentikan sementara oleh Badan Kehormatan DPD.
 
Perebutan kursi pimpinan DPD kian panas. Tata tertib (tatib) soal syarat calon pimpinan DPD yang tak boleh cacat etik dipersoalkan.
 
Pengamat Hukum Tata Negara Bivitri Susanti menyayangkan sikap DPD yang membuat aturan itu. Pencantuman tatib itu dinilai sebagai upaya menjegal GKR Hemas secara sistematis menuju pimpinan DPD, bukan menjaga muruah DPD.
 

(DMR)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif