GKR Hemas tetap optimistis bisa maju dalam kontestasi pemilihan calon pimpinan DPD. MI/Susanto.
GKR Hemas tetap optimistis bisa maju dalam kontestasi pemilihan calon pimpinan DPD. MI/Susanto.

Tatib Capim DPD Dinilai untuk Menjegal Hemas

Nasional dpd ri
Arga sumantri • 30 Agustus 2019 22:39
Jakarta: Perebutan kursi pimpinan DPD kian panas. Tata tertib (tatib) soal syarat calon pimpinan DPD yang tak boleh cacat etik dipersoalkan.
 
Pengamat Hukum Tata Negara Bivitri Susanti menyayangkan sikap DPD yang membuat aturan itu. Pencantuman tatib itu dinilai sebagai upaya menjegal GKR Hemas secara sistematis menuju pimpinan DPD, bukan menjaga muruah DPD.
 
"Ada upaya menutup peluang Ibu Hemas secara sistematis," kata Bivitri, Jumat, 30 Agustus 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


GKR Hemas tidak mau ambil pusing terkait tatib syarat pimpinan DPD tersebut. Dia tetap optimistis bisa maju dalam kontestasi pemilihan calon pimpinan DPD. Senator asal Daerah Istimewa Yogyakarta itu mengklaim sudah mengantongi dukungan dari sejumlah anggota dewan.
 
"(Dukungan) sudah ada dong. Tapi masih rahasia," kata Hemas.
 
Hemas merasa tidak pernah bermasalah dengan kode etik selama bertugas di DPD. Insiden pemecatan oleh Badan Kehormatan (BK) DPD, kata dia, bersifat politis dan tidak mendasar.
 
Menurut Hemas, dirinya justru diberhentikan sebagai pimpinan DPD dengan cara-cara tidak etis dan inkonstitusional. Hemas pun merasa sampai saat ini dirinya tetap menjadi anggota DPD dan terus menjalankan fungsinya sebagai senator.
 
"Kalau soal etik (tidak masalah) karena ketika saya diberhentikan sebagai pimpinan DPD RI, Presiden tidak mengeluarkan Keppres," kata Hemas.
 
Badan Kehormatan (BK) DPD tengah menggodok wacana tak punya cacat etik sebagai salah satu syarat pimpinan DPD. Sementara pada akhir tahun lalu, GKR Hemas diberhentikan BK DPD karena dianggap memiliki cacat etik atau sering bolos.
 

(HUS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif