Partai Demokrat. Ilustrasi: Medcom.id/Rakhmat Riyandi.
Partai Demokrat. Ilustrasi: Medcom.id/Rakhmat Riyandi.

Demokrat Tunggu Dirangkul

Nasional partai demokrat
Arga sumantri • 12 Juni 2019 15:53
Jakarta: Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Syarief Hasan menyatakan partainya siap merapat bila diajak partai pendukung koalisi Presiden Joko Widodo. Itu bisa terjadi bila Demokrat merasa sudah klop dengan kubu Jokowi.
 
"Kalau kita diajak dan Partai Demokrat merasa cocok chemistry-nya ada, ya kenapa tidak," kata Syarief di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu, 12 Juni 2019.
 
Syarief berdalih kalaupun Demokrat merapat ke kubu Jokowi, semuanya demi kepentingan rakyat. Demokrat bisa lebih leluasa menjalankan program-program partai bila merapat ke koalisi pemerintah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami berpikir kalau kami punya program, nah untuk menjalankan itu, lebih bagus dijalankan kader Partai Demokrat," ungkap dia.
 
Demokrat masih menunggu keputusan sengketa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 Mahkamah Konstitusi (MK) untuk menentukan sikap politik partai. Mendukung Jokowi, tetap di koalisi Prabowo Subianto, atau kembali menjadi partai poros tengah bakal diputuskan dalam rapat internal partai.
 
"Kemudian ada respons dari teman-teman koalisi 01 (kubu Jokowi) bagaimana kalau ada chemistry-nya, bisa cocok, tidak tertutup kemungkinan kita gabung," ujar dia.
 
Baca: AHY Titipkan Program Partai ke Jokowi
 
Sikap Demokrat usai pencoblosan Pilpres 2019 menjadi sorotan. Belakangan, suara kader di Demokrat tak lagi bulat sebagai partai pengusung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.
 
Beberapa waktu belakangan, elite Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) rajin menyambangi kubu Jokowi. AHY bahkan menyambangi Jokowi dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati saat Lebaran 2019.
 
Langkah AHY banyak dibaca sebagai upaya Demokrat merapat ke kubu Jokowi. Ada pula suara yang menyebut safari politik AHY punya target khusus, mulai kursi menteri, hingga membangun fondasi politik untuk Pilpres 2024.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif