Istilah Sontoloyo Jokowi Sangat Manusiawi

Whisnu Mardiansyah 25 Oktober 2018 15:44 WIB
pilpres 2019Dana Kelurahan
<i>Istilah Sontoloyo Jokowi Sangat Manusiawi</i>
Ketua DPR Bambang Soesatyo (berkemeja putih). Foto: MI/Mohamad Irfan
Jakarta: Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menilai wajar diksi politik sontoloyo yang keluar dari mulut Presiden Joko Widodo. Ungkapan itu bukti kegundahan dan kegelisahan pemimpin menanggapi situasi politik saat ini.

"Menurut saya sangat manusiawi dan sudah diakui oleh Pak Jokowi sendiri bahwa dia kelepasan saking jengkelnya. Saya kira bukan hanya Pak Jokowi yang pernah mengunakan kata-kata sontoloyo," kata Bamsoet di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis, 25 Oktober 2018.

Baca: Moledoko: Presiden Mengingatkan Politikus Agar Santun


Ia memandang Jokowi tak keluar dari pakem politik meski mengucap sesuatu yang akhirnya menjadi ramai. Presiden Jokowi tetap berpolitik santun.

"Saya sendiri melihatnya biasa-biasa saja dan masih dalam koridor pakemnya, dan masih santun," ujarnya.

Kegundahan dan kejengkelan Jokowi dinilai wajar. Presiden selama ini sudah menahan diri menghadapi berbagai kritik dan tudingan. Namun, kejengkelannya memuncak ketika program dana kelurahan juga dikritik.  

"Dana kelurahan untuk rakyat kemudian dituding macem-macem ya itu manusiawi lah terlontar dan sudah diakui itu. Saya pun akan melakukan hal yang sama jika dalam situasi seperti itu," beber politikus Golkar itu.

Baca: Zulhas Memaklumi Kekesalan Jokowi

Presiden Joko Widodo mengakui dongkol sehingga keceplosan menyebut banyak politikus sontoloyo. Dia gregetan lantaran dana kelurahan dijadikan isu politik.

"Jengkel saya, saya itu enggak pernah pakai kata-kata seperti itu, karena sudah jengkel ya keluar," kata Jokowi dalam pembukaan Pertemuan Pemimpin Gereja dan Rektor/Ketua Perguruan Tinggi Agama Kristen Seluruh Indonesia di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu, 24 Oktober 2018.





(OJE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id