Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

DKPP Sampaikan 5 syarat Agar Pemilu 2024 Berlangsung Demokratis

Antara • 25 Maret 2023 22:45
Jakarta: Pemilu 2024 akan berlangsung dalam kurun waktu kurang setahun lagi. Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi menyampaikan ada lima syarat yang harus dipenuhi agar pemilu dapat berjalan demokratis.
 
Hal itu disampaikan Raka Sandi dalam kegiatan Sosialisasi dan Implementasi Peraturan Bawaslu dan Produk Hukum Non-Peraturan Bawaslu yang digelar Bawaslu Bali.
 
"Dengan terpenuhinya lima syarat tersebut, saya kira Pemilu 2024 nanti bisa berjalan dengan baik dan demokratis," kata Raka Sandi saat dikutip dari Antara, Sabtu, 25 Maret 2023.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Raka Sandi menyebut lima syarat yang harus dipenuhi meliputi regulasi yang jelas; penyelenggara yang mandiri, berintegritas, dan kredibel; peserta yang taat aturan; pemilih yang cerdas dan partisipatif; serta birokrasi yang netral.
 
Baca juga: Sanksi Kampanye di Tempat Ibadah, Bawaslu: Penjara Hingga Dicoret dari Peserta Pemilu

Sementara itu, Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Bali I Ketut Rudia mengatakan tujuan diskusi digelar untuk menyamakan  persepsi terkait penyelenggaraan Pemilu 2024. Terutama, aturan main penyelenggaraan Pemilu 2024.
 
"Penyamaan persepsi terhadap regulasi-regulasi yang ada dan korelasinya dengan tahapan Pemilu 2024," kata Rudia.
 
Menurut dia, pemahaman aturan main Pemilu 2024 merupakan hal penting bagi penyelenggara. Sehingga, penyelenggaraan pesta demokrasi sesuai aturan yang berlaku.
 
"Hal ini juga akan memberikan kejelasan regulasi, sesuai dengan lima syarat itu," ucap mantan Ketua Bawaslu Bali itu.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id.
 
(ABK)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif