Ilustrasi birokrasi. MI/Ramdani.
Ilustrasi birokrasi. MI/Ramdani.

Kecerdasan Buatan Digunakan dalam Tata Kelola Pemerintahan Digital

Nasional Perampingan Pejabat Eselon
Kautsar Widya Prabowo • 04 Desember 2019 18:02
Jakarta: Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) tak akan mengganti eselon III dan IV di kementerian dan lembaga dengan robot. Deputi Kelembagaan KemenPANRB Rini Widyantini mengatakan pemerintah menggunakan kecerdasan buatan dalam tata kelola pemerintaan berbasis digital.
 
"Ada beberapa bidang yang bisa digunakan (dalam) kecerdasan buatan, terutama pelanyanan-pelayanan terhadap masyarakat," kata Rini kepada Medcom.id di Kementerian PANRB, Jakarta Selatan, Rabu, 4 Desember 2019.
 
Indonesia masih dalam proses menjadi pemerintahan berbasis digital. Landasan hukum dalam merealisasikan kecerdasan buatan di kementerian dan lembaga telah dibuat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"MenPANRB sudah menyiapkan dengan mengeluarkan Perpres Nomor 95 Tahun 2019 Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Kemudian Bappenas menyiapkan Perpres Nomor 39 Tahun 2019 Tentang Satu Data Nasional," jelasnya.
 
Pemerintah akan mempersiapkan secara matang terobosan yang disampaikan Presiden Joko Widodo itu. Evaluasi menyeluruh akan dilakukan melihat struktur organisasi dan proses bisnis yang siap diganti dengan kecerdasan buatan.
 
"Artinya, teknologi menjadi suatu kenisyacaan dan kebutuhan. Jadi, penggunaan teknologi bukan pilihan lagi bagi birokrasi, tetapi menjadi suatu kewajiban yang harus dilakukan," ujar Rini.
 
Presiden Joko Widodo ingin mengganti jabatan struktural pegawai negeri sipil (PNS) eselon III dan IV di kementerian/lembaga dengan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan. Jokowi ingin segala sesuatu dilakukan dengan cepat.
 
"Saya sudah perintahkan juga ke MenPANRB, eselon III dan IV diganti dengan AI, kalau diganti artificial intelligence birokrasi kita lebih cepat," ujarnya dalam pembukaan Kompas 100 CEO Forum Tahun 2019 di Grand Ballroom Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Kamis, 28 November 2019.
 
Jokowi menuturkan aturan mengenai penggantian tenaga manusia dengan AI bakal masuk dalam konsep omnibus law. Ia memastikan perampingan jabatan eselon dilakukan tahun depan.
 

 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif