Anggota Komisi II Guspardi Gaus Dok. DPR
Anggota Komisi II Guspardi Gaus Dok. DPR

Penetapan Tanggal Pencoblosan Pemilu 15 Mei Diklaim Keputusan Sepihak

Nasional jadwal pemilu DPR RI Tanggal Pencoblosan Pemilu 2024 Pemilu 2024
Candra Yuri Nuralam • 09 Oktober 2021 14:35
Jakarta: Penetapan tanggal pencoblosan Pemilihan Umum (Pemilu) pada 15 Mei 2024 dinilai sebagai keputusan sepihak dari pemerintah. Keputusan itu diyakini tidak disetujui semua anggota Komisi II.
 
"Saya tegaskan kepada kawan-kawan bahwa 15 Mei itu bukan kemauan Mendagri Tito Karnavian, bukan kepentingan Kementerian Dalam Negeri," kata anggota Komisi II dari Fraksi PAN Guspardi Gaus dalam telekonferensi pers di Jakarta, Sabtu, 9 Oktober 2021.
 
Guspardi menjelaskan awalnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengusulkan Pemilu 2024 berlangsung pada 21 Februari. Namun, DPR meminta pelaksanaan pemilu diundur menjadi 28 Februari 2024.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, penanggalan itu diundur lagi karena bertepatan dengan perayaan Galungan. DPR, pemerintah, dan KPU mencari opsi lain.
 
Pemerintah mengusulkan empat tanggal. Semua tanggal itu ada di April dan Mei.
 
"Salah satu (opsi) di antaranya 15 Mei itu," ujar Guspardi.
 
Baca: Tarik Ulur Jadwal Pemilu 2024 Berpotensi Menimbulkan Politik Transaksional
 
Tanpa pembahasan mendalam, pemerintah kemudian mengumumkan penetapan pemilu pada 15 Mei 2024. Guspardi menyebut pembahasan tanggal itu belum final.
 
"Ini adalah resmi dari pemerintah, di mana apa yang diekspose oleh Mahfud MD itu merupakan hasil keputusan rapat terbatas," tutur Guspardi.
 
Guspardi menilai pemerintah salah langkah dengan langsung menetapkan tanggal pemilu secara sepihak. Sikap itu bisa memicu polemik di ruang rapat Komisi II.
 
"Nah, oleh karena itu, ini kan sesuatu yang krusial juga, akan menimbulkan debatable, akan terjadi pembelahan pendapat di internal Komisi II di mana ada sembilan fraksi," ucap dia.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif