Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa. Dok Istimewa.
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa. Dok Istimewa.

Uji Kepatutan dan Kelayakan Andika Diharapkan Dilakukan Semi Terbuka

Nasional panglima tni DPR RI Bursa Calon Panglima TNI Calon Panglima TNI Andika Perkasa Andika Perkasa Jadi Panglima TNI
Anggi Tondi Martaon • 04 November 2021 15:20
Jakarta: Komisi I akan melakukan uji kepatutan dan kelayakan terhadap calon tunggal panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Pendalaman visi dan misi diharap dilakukan secara semi terbuka.
 
"Mudah-mudahan rapat internal Komisi I (penetapan jadwal uji kepatutan dan kelayakan) ini bisa memberikan nuansa baru, yaitu secara semi terbuka," kata anggota Komisi Syaifullah Tamliha di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 4 November 2021.
 
Salah satu alasan usulan itu disampaikan agar bisa disaksikan seluruh masyarakat Indonesia. Sehingga, masyarakat mengetahui visi dan misi yang akan dijalankan Andika selama menjadi panglima TNI.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Silakan wartawan meliput, apa gagasan dia selama dia menjabat," kata dia.
 
Baca: Hanya Menjabat Setahun, Andika Diyakini Mampu Selesaikan Masalah Pertahanan
 
Setelah penyampaian visi dan misi, uji kepatutan dan kelayakan akan dilakukan secara tertutup. Terutama, soal strategi yang akan dijalankan Andika untuk meningkatkan pertahanan.
 
"Begitu memasuki pendalaman, ya baru tertutup," ujar dia.
 
Jadwal uji kepatutan dan kelayakan Andika sebagai calon panglima TNI belum diketahui. Komisi I baru akan menentukan jadwal pada siang ini.
 
Sebelumnya, DPR telah menerima surat presiden (Surpres) terkait calon panglima TNI dari Istana Negara. Surat tersebut diserahkan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif