Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar, di gedung Merah Putih KPK/Medcom.id/Fachri.
Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar, di gedung Merah Putih KPK/Medcom.id/Fachri.

53 Ribu Desa Telah Menerima Dana Desa

Nasional kementerian desa
Nur Azizah • 19 Mei 2020 14:51
Jakarta: Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengaku telah menyalurkan dana desa ke 53.152 desa. Tercatat, ada 6.205 desa yang dananya sudah siap disalurkan.
 
"Desa yang sudah disalurkan dana desanya sudah 53.152 desa. Kemudian (dana) yang ada di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) ada 6.205 desa," kata Abdul Halim di Jakarta, Selasa, 19 Mei 2020.
 
Kemudian, desa yang melakukan pendataan terkait keluarga penerima manfaat (KMP) basis RT sudah 53.156 desa. Sedangkan desa yang sudah menggelar musyawarah desa khusus ada 46.779 desa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami juga sudah menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) ke 14.326 desa," kata dia.
 
Baca: Dana BLT Sudah Disebar ke 8.157 Desa
 
Sementara itu, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meminta Kemendes PDTT mempercepat distribusi dana desa. Hal ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo pagi tadi.
 
"Ini tentu saja perlu penanganan, bagaimana cara penanganannya? Jadi memang prosedur dana yang diperoleh Kemensos dan Kemendes ini berbeda. Dan itu salah satu faktor handicap-nya adalah di dalam Peraturan Menteri keuangan. Dan Bu Menteri Keuangan (Sri Mulyani) sudah menyanggupi untuk pemangkasan prosedur," kata Muhadjir.
 
Hingga kini masih ada 15.592 desa yang belum tersedia dananya. Muhadjir berharap dalam waktu dekat Kementerian Keuangan akan mengeluarkan dana sehingga bisa cepat disalurkan.
 

(JMS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif