Ilustrasi DPR. Medcom.id
Ilustrasi DPR. Medcom.id

Legislator Kecewa RUU PKS 'Ditendang' dari Prolegnas 2020

Nasional antikekerasan seksual
Anggi Tondi Martaon • 01 Juli 2020 19:09
Jakarta: Rancangan Undang-Undang (RUU) Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) digeser dari Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2020 ke 2021. Padahal, RUU PKS dinilai sangat dibutuhkan.
 
"Kita sih ingin cepat membahas. Kita menyayangkan juga digeser ke 2021," kata anggota Komisi VIII DPR Diah Pitaloka kepada Medcom.id, Rabu, 1 Juli 2020.
 
Politkus PDI Perjuangan itu menyebut pembahasan RUU PKS mendapat dukungan dari banyak pihak. Aturan ini bisa menjadi jaminan untuk masyarakat terhadap ancaman kekerasan seksual, terutama bagi anak-anak dan perempuan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dorongan (pembahasan) dari masyarakat juga tinggi," tutur dia.
 
Dia menuturkan semangat utama pembahasan RUU PKS untuk menekan angka kekerasan seksual. RUU PKS bakal berisi edukasi kepada masyarakat, perlindungan korban, pemulihan, pendampingan, dan lain sebagainya.
 
(Baca: Komisi VIII Usulkan RUU PKS Ditarik Dari Prolegnas Prioritas)
 
Dia berharap RUU PKS dipertahankan dalam Prolegnas Prioritas 2020. Sehingga, aturan bisa segera dibahas.
 
Namun, dia menyerahkan keputusan itu pada Badan Legislasi (Baleg) DPR dan pemerintah. Keputusan evaluasi Prolegnas Prioritas 2020 ditentukan dalam rapat pada Kamis, 2 Juli 2020.
 
"Ya namanya DPR kita enggak bisa sendiri. Kecuali kalau kita sendirian, bisa cepat. Cuma ya aku masih berharap dibahas sekarang," ujar dia.
 
Sebelumnya, Baleg mengevaluasi daftar Prolegnas Prioritas 2020. Sejumlah RUU akan dicabut dari Prolegnas Prioritas 2020 dan dipindahkan ke Prolegnas 2021.
 
"Bukan didrop ya, tapi dikomunikasikan untuk dimasukkan Prolegnas tahun berikutnya," kata Wakil Ketua Baleg Willy Aditya saat dihubungi, Selasa, 30 Juni 2020.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif