Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. Foto: Medcom.id/Anggitondi M
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. Foto: Medcom.id/Anggitondi M

Alasan Prabowo Bergabung dengan Pemerintahan Jokowi

Nasional Prabowo Subianto Pilpres Joko Widodo Kesatuan Bangsa
Anggi Tondi Martaon • 24 April 2022 12:00
Jakarta: Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani menyampaikan alasan utama Prabowo Subianto memilih bergabung ke pemerintahan periode kedua Presiden Joko Widodo (Jokowi). Prabowo ingin merekatkan persatuan dan kesatuan bangsa usai Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.
 
Hal itu disampaikan Muzani saat bersilaturahmi dengan ulama, pimpinan ormas, akademisi, dan cendekiawan masyarakat Jawa Barat di Gedung Yayasan Darul Hikam, Bandung. Kegiatan tersebut dihadiri Ketua DPD Gerindra Jabar M Taufik Hidayat, anggota DPR Gerindra Sodik Mujahid, Prasetyo Hadi, dan sejumlah anggota DPRD Gerindra Jawa Barat.
 
Baca: Prabowo Dinilai Memiliki Sentimen Positif Tertinggi di Dunia Maya

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pak Prabowo tidak mau bangsa ini terbelah, apalagi sampai terjadi pertumpahan darah. Karena itu beliau memutuskan untuk menjaga persatuan ini dengan bersama-sama membangun pemerintah di bawah kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin," kata Muzani melalui keterangan tertulis, Minggu, 24 April 2022.
 
Wakil Ketua MPR itu mengakui keputusan ini banyak ditentang sebagian pihak. Bahkan Prabowo juga sering dimaki karena memilih menjadi anak buah Jokowi usai bertarung di Pilpres 2019.
 
Namun, hal itu dianggap sebagai konsekuensi menjaga persatuan dan kesatuan. Hal itu merupakan teladan dari pemimpin bangsa sebelumnya.
 
Muzani mencontohkan Bung Karno memilih meninggalkan Istana Bogor daripada melawan rezim Orde Baru meskipun kekuatan Soekarnois amat memungkinkan untuk melawan. Begitu juga Presiden Soeharto memilih mundur ketika desakan demonstran begitu masif memintanya lengser. Padahal, ABRI dan Polri masih berada di belakangnya.
 
Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) juga memilih meninggalkan Istana Negara. Semua itu dilakukan untuk tetap menjaga persatuan bangsa dan menghindari pertumpahan darah.
 
"Agar persatuan bangsa kita yang dibangun susah payah dapat tetap terjaga," ungkap dia.
 
Dia berharap masyarakat Jawa Barat memahami keputusan yang diambil Prabowo. Dia juga menyampaikan ucapan terima kasih Prabowo kepada masyarakat Jawa Barat yang telah memberi dukungan yang sangat berarti kepada Prabowo maupun Gerindra dalam Pileg dan Pilpres 2019.
 
"Kami yakin kedewasaan masyarakat Jawa Barat dalam menerima kenyataan politik akan mengutamakan persatuan bangsa di atas segala-galanya," ujar dia.
 
 
(DEV)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif