Presiden Joko Widodo/Instagram/Istimewa
Presiden Joko Widodo/Instagram/Istimewa

Kirim Atlet Lebih Sedikit ke SEA Games, Jokowi: Tetap Berprestasi

Nasional Jokowi Olahraga Menpora Zainudin Amali SEA Games 2021 Hanoi
Andhika Prasetyo • 09 Mei 2022 11:10
Jakarta: Indonesia mengirim 449 atlet pada SEA Games ke-31 di Hanoi, Vietnam. Jumlah atlet yang dikirim tahun ini lebih sedikit ketimbang SEA Games ke-30 di Singapura pada 2019.
 
Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak mengkhawatirkan hal tersebut. "Saya ingin kontingen yang sekarang, yang lebih ramping, meraih prestasi setinggi-tingginya, meraih medali sebanyak-banyaknya untuk mengharumkan nama negara kita, bangsa kita, Indonesia," kata Jokowi di Istana Merdeka, Senin, 9 Mei 2022.
 
Indonesia mengirimkan 449 atlet untuk mengikuti 318 nomor pertandingan dari 32 cabang olahraga. Jumlah itu menurun drastis dari SEA Games ke-30 di Singapura, 2019 dengan 841 atlet.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Lepas Atlet SEA Games, Presiden Targetkan Tiga Besar
 
Perampingan jumlah peserta merupakan bagian dari upaya peningkatan kualitas dan prestasi sebagaimana telah ditetapkan dalam Desain Besar Olahraga Nasional. Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengungkapkan seleksi dilakukan ketat Tim Review Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional.
 
"Untuk penentuan keikutsertaan kontingen pada setiap multievent olahraga internasional, itu didasarkan pada hasil rekomendasi tim review yang terdiri dari akademisi, praktisi, perwakilan KONI, dan KOI," ucap Zainudin.
 
Hasil rekomendasi bersumber dari data berupa rekam jejak, catatan prestasi, dan pertimbangan-pertimbangan objektif lainnya. Zainuddin menegaskan pertimbangan tak didasarkan alasan subjektif.
 
"Kita sedang membangun pembinaan prestasi olahraga nasional yang kuat, dilaksanakan secara sistematis, terstruktur dan berkelanjutan yang hasilnya baru bisa didapatkan beberapa tahun yang akan datang. Kita tidak bisa lagi mengharapkan hasil prestasi secara instan," jelas Menpora.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif