Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora, Jawa Tengah. BPMI Setpres/Agus Suparto
Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora, Jawa Tengah. BPMI Setpres/Agus Suparto

Presiden: Bendungan Randugunting Kunci Ketahanan dan Kemandirian Pangan

Nasional Jokowi Bendungan Ketahanan Pangan Bendungan Randugunting
Andhika Prasetyo • 05 Januari 2022 20:07
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Dia berharap dengan beroperasinya infrastruktur distribusi air tersebut, ketahanan dan kemandirian pangan di Tanah Air makin baik ke depan.
 
"Kita berharap dengan selesainya waduk ini, ketahanan pangan kita akan semakin baik, kemandirian pangan kita akan semakin baik, karena kunci dari semua itu adalah air," ujar Jokowi di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Rabu, 5 Januari 2022.
 
Bendungan Randugunting memiliki kapasitas tampung air 14,4 juta meter kubik. Bendungan ini juga bisa mengairi 650 hektare sawah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bendungan tersebut dibangun dengan dana Rp858 miliar. Kepala Negara juga berharap infrastruktur itu mampu menjadi tempat pariwisata, sehingga mendorong perekonomian masyarakat setempat.
 
Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemalang Juana Muhammad Adek Rizaldi mengatakan Bendungan Randugunting akan diisi air dengan kedalaman 70 meter. Tujuannya, untuk memenuhi kebutuhan irigasi pertanian, kebutuhan air bersih, konservasi sumber daya air, dan pemulihan sumber air tanah di kawasan bendungan dan pariwisata.
 
"Untuk pemenuhan air bersih Kabupaten Blora akan dapat kuota 100 liter per detik dan Kabupaten Rembang dan Pati 50 liter per detik," ujar Muhammad Adek Rizaldi, Minggu, 2 Januari 2022.
 
Baca: Presiden Bagikan Bantuan Tunai kepada Pedagang di Pasar Gemolong
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif