Ilustrasi undang-undang. Medcom.id
Ilustrasi undang-undang. Medcom.id

RUU PDP Jadi Rambu Pencegah Penyalahgunaan Data Pribadi

Nasional DPR RI perlindungan data pribadi
Fachri Audhia Hafiez • 25 Januari 2021 12:36
Jakarta: Rancangan Undang-Undang (RUU) Perlindungan Data Pribadi (PDP) bakal menjadi produk hukum untuk melindungi hak data digital warga negara. Data pribadi seseorang tak bisa disalahgunakan lewat aturan itu.
 
"Sebenarnya (RUU) ini semua adalah seperti kalau kita ibaratkan adalah rambu-rambu lalu lintas di jalanan," kata Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Semuel Abrijani Pangerapan, dalam diskusi virtual bertajuk RUU PDP untuk Kita, Senin, 25 Januari 2021.
 
Semuel mengatakan potensi penyalahgunaan hingga pertukaran data pribadi sangat tinggi di dunia maya. Terlebih, aktivitas digital masyarakat terus berkembang seiring perkembangan teknologi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Semua kegiatan kita akan kita lakukan di ruang digital. Setiap kita melakukan kegiatan di ruang digital, kita diminta data pribadi kita," ujar Semuel.
 
(Baca: Perlindungan Data Pribadi Bisa Dimulai dari Diri Sendiri)
 
Dia menyebut penyimpanan data seseorang perlu memenuhi prinsip-prinsip pemrosesan data pribadi. Diperlukan pedoman kepada pelaku penyimpanan data agar penggunaan data seseorang bisa dipertanggungjawabkan.
 
"Kita perlu payung hukum ini supaya ada kehati-hatian (untuk) semua orang yang mengelola data pribadi," ujar dia.
 
Semuel tak memungkiri Indonesia telat menghadirkan produk hukum tersebut. Negara-negara yang sudah memiliki UU PDP di ASEAN, yaitu Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand.
 
"UU ini dirancang memang datangnya telat. Jadi kita mempelajari begitu banyak aturan yang ada," ucap dia.
 
RUU PDP menjadi salah satu RUU yang masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2021. Sedikitnya ada 33 RUU yang masuk daftar Prolegnas Prioritas 2021.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif