Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Penjelasan Istana Seputar Isu Revisi UU Pemilu dan Pilkada Tak Berkaitan dengan Gibran

Nasional jokowi pilkada uu pilkada revisi uu pilkada revisi uu pemilu
Nur Azizah • 17 Februari 2021 05:30

Jakarta: Istana Kepresidenan membantah sikap pemerintah menolak revisi undang-undang (UU) terkait pemilihan umum maupun pemilihan kepada daerah (pilkada) berhubungan dengan pengusungan Gibran Rakabuming Raka. Sikap pemerintah hanya mempertegas pembahasan yang telah disepakati bersama legislatif.
 
Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dan UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota dibahas dan ditetapkan pada 2016. Pada saat itu, putra sulung Presiden Joko Widodo masih fokus menjadi pengusaha. 
 
"Jadi pengusaha enggak kebayang (maju Pilkada)," kata Pratikno di Gedung Utama Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Selasa, 16 Februari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: 2 Cara Revisi UU Pemilu Dicoret dari Prolegnas Prioritas 2021
 
Pratikno meyakini Gibran belu memiliki bayangan mengikuti Pemilihan Wali Kota Solo pada 2020. Ia berharap semua pihak tak membuat praduga terkait sikap pemerintah. 
 
Pratikno menegaskan sikap pemerintah didasarkan pada UU yang sudah ditetapkan pada lima tahun lalu. Dalam UU itu dikatakan pilkada akan digelar serentak pada 2024 mendatang.
 
Pratikno juga mengatakan UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu itu sudah berhasil dijalankan walaupun ada kekurangan dalam implementasi. Ia menyerahkan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk merumuskan perbaikan. 
 
UU Nomor 10 Tahun 2016 dijelaskan jadwal pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak akan kembali dilaksanakan pada bulan November 2024. Ketentuan tersebut sudah ditetapkan pada 2016 dan belum dilaksanakan sehingga tidak perlu direvisi.
 
"Jadi sekali lagi, jangan dihubung-hubungkan dengan itu semua sama sekali," tegas Pratikno. 


 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif