Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate. MI/Pius Erlangga
Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate. MI/Pius Erlangga

Migrasi Televisi Jadi Digital, 6,7 Juta STB Dibagikan ke Warga Miskin

Candra Yuri Nuralam • 16 November 2021 18:32
Jakarta: Pemerintah makin yakin dalam transformasi siaran televisi analog menjadi digital. Sebanyak 6,7 juta set top box (STB) disiapkan untuk dibagikan kepada rakyat miskin dalam proses peralihan itu.
 
"Set top box ini kita perkirakan untuk keluarga miskin sekitar 6,7 juta STB, bagi 6,7 televisi yang dimiliki rakyat miskin," kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate melalui keterangan tertulis, Selasa, 16 November 2021.
 
Johnny mengatakan STB dibutuhkan dalam proses migrasi televisi dari analog ke digital. STB merupakan alat yang bisa menarik sinyal digital untuk televisi analog.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bagi yang belum Digital Video Broadcasting–Second Generation Terestrial (DVB T2) itu harus disediakan perangkat connector atau yang disebut dengan set top box atau STB," ujar Johnny.
 
Pembagian STB bakal dilakukan bertahap sampai proses migrasi siaran selesai. Sebanyak 6,7 juta masyarakat yang mendapatkan STB gratis dari pemerintah tersebar di seluruh daerah.
 
"Terdapat sebanyak 6,7 juta rumah tangga miskin yang berdomisili di daerah yang akan dilaksanakan migrasi siaran analog ke siaran TV digital," tutur Johnny.
 
Baca: Kominfo Cari Cara Berikan 2 Juta STB Gratis ke Warga Miskin
 
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan menyaring masyarakat yang menerima STB gratis. Penyaringan dilakukan agar penyaluran STB tepat sasaran.
 
Beberapa rumah yang sudah terpasang internet tidak akan mendapatkan STB. Sebab, sebagian perangkat internet mirip STB.
 
"Karena harus dipasang dan di-install di perangkat televisi masing-masing. Seperti misalnya di rumah kalau pakai Indihome atau pakai layanan internet itu kan ada perangkat connector-nya, sama kira-kira seperti itu ada perangkat connector-nya yang memungkinkan menerima siaran digital," ucap Johnny.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif