Ketua DPW PSI DKI Jakarta Rian Ernest. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.
Ketua DPW PSI DKI Jakarta Rian Ernest. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.

PSI Minta Hasil Uji Kelayakan Cawagub DKI Dibuka

Nasional Pengganti Sandiaga Uno
Theofilus Ifan Sucipto • 04 Juli 2019 19:47
Jakarta: Partai Solidaritas Indonesia (PSI) meminta hasil uji kelayakan dan kepatutan wakil gubernur (wagub) DKI Jakarta dipublikasikan. Ini untuk mewujudkan transparansi pemilihan wagub DKI.
 
"Kenapa tidak (dibuka)? Ini kan bukan untuk posisi yang sifatnya bersifat intelijen," kata Wakil Ketua DPW PSI DKI Jakarta Rian Ernest di Kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, Kamis, 4 Juli 2019.
 
Rian meminta partai pengusung dan DPRD DKI Jakarta transparan ihwal proses pemilihan orang nomor dua di Ibu Kota. Publik layak mengetahui hasil uji kelayakan dan kepatutan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Soal gagasan, tugas, dan dinamika itu jadi bagian yang sangat penting (diketahui)," ujarnya.
 
Rian juga meminta DPRD DKI membuat tata tertib pemilihan wagub DKI dengan jelas. Tujuannya, kata dia, menghindari demokrasi 'kucing dalam karung.'
 
"Jangan sampai sekadar diskusi-diskusi di luar gedung DPRD, mungkin sarat kepentingan, tiba-tiba memilih wagub dan tidak jelas prosesnya," tukas Rian.
 
Baca juga: Pemilihan Wagub DKI Dituding Gelap
 
Sebelumnya, Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu dinyatakan lolos uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) calon wakil gubernur DKI Jakarta. Mereka memenuhi sejumlah kriteria yang diajukan sejak Februari 2019.
 
Adapun tujuh kriteria yang ditetapkan panelis dalam Focus Group Discussion ialah integritas, pengetahuan dan pemahaman terhadap Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), rekam jejak, relasi dengan DPRD, kecocokan dengan gubernur, memiliki akseptabilitas publik, serta mampu merepresentasikan partai pengusung.
 
Namun sosok pendamping Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan itu belum juga rampung. Belakangan, mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Adhyaksa Dault menawarkan diri menjadi wagub DKI Jakarta.
 

(HUS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif