Suasana ibadah umrah perdana selama pandemi covid-19. AFP
Suasana ibadah umrah perdana selama pandemi covid-19. AFP

Kemenag Diminta Berangkatkan Jemaah yang Benar-benar Siap

Nasional Ibadah Umrah ibadah haji indonesia-arab saudi DPR RI Kemenag
Anggi Tondi Martaon • 30 November 2021 14:13
Jakarta: Jemaah Indonesia sudah diizinkan mengikuti ibadah umrah. Kementerian Agama (Kemenag) diminta benar-benar memilih calon jemaah yang siap menjalankan ibadah haji kecil tersebut.
 
"Mohon kiranya untuk benar-benar dipastikan bahwa jemaah umrah yang akan berangkat merupakan orang-orang yang siap," kata Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto dalam rapat kerja (raker) bersama Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 30 November 2021.
 
Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengingatkan agar orang yang berangkat tak hanya sekadar menjadi calon jemaah. Mereka juga menjadi duta bangsa untuk meyakinkan Arab Saudi kalau jemaah Indonesia aman dari covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dipundak mereka ada kehormatan bangsa Indonesia. Ada kepercayaan yang harus dipegang oleh mereka yang berangkat ke Tanah Suci," kata dia.
 
Baca: Ini Jemaah Umrah yang Diprioritaskan Berangkat Awal Desember
 
Pemerintah tak boleh lalai dalam memanfaatkan kesempatan pelaksanaan ibadah umrah kali ini. Arab Saudi diyakini bakal menutup pelaksanaan umrah bagi Indonesia jika ditemukan jemaah terpapar covid-19.
 
Dia menyampaikan pengalaman buruk yang diterima Indonesia pada tahun lalu. Pelaksanaan umrah bagi Indonesia ditutup setelah ada calon jemaah yang terpapar virus korona.
 
"Oleh karena itu kami berharap, pengetatan atau disiplin para calon jemaah umrah menjadi tolok ukur kita untuk memberangkatkan mereka ke Tanah Suci," ujar dia.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif