Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate/Istimewa
Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate/Istimewa

Menkominfo Targetkan 5,5 Juta Masyarakat Berliterasi Digital pada 2022

Candra Yuri Nuralam • 10 Agustus 2022 20:39
Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus menggelar pelatihan digital agar masyarakat cakap berliterasi di dunia maya. Jutaan orang ditargetkan cakap berliterasi digital pada tahun ini.
 
"Pada tahun 2022 akan diberikan pelatihan literasi digital kepada 5,5 juta masyarakat," kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate melalui keterangan tertulis, Rabu, 10 Agustus 2022.
 
Johnny mengatakan pada tahun lalu, pihaknya membuat 14,6 juta masyarakat cakap berliterasi di dunia maya melalui program pelatihan digital. Program itu merupakan kolaborasi Kominfo dengan gerakan nasional literasi digital siberkreasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kinerja literasi digital pun mulai menunjukkan peningkatan dari segi kualitas," ujar Johnny.
 

Baca: BPK Beri Rapor Kominfo Opini WTP 2021


Johnny mengatakan pelatihan yang dibuat pihaknya memastikan masyarakat cakap berdigitalisasi, mengerti etika digitalisasi, paham dengan sistem keamanan digital, dan fasih dengan budaya digital. Pelatihan ini penting karena masifnya ruang digital yang berkembang saat ini.
 
Pelatihan ini juga digaungkan agar masyarakat Indonesia semakin mahir berliterasi di dunia maya. Johnny tidak mau masyarakat tertinggal dengan negara lain dalam perkembangan dunia digital.
 
"Peluang kecakapan digital tersebut perlu dimanfaatkan secara optimal, mengingat kita memiliki potensi sumber daya manusia yang besar," tutur Johnny.
 
Masyarakat yang sudah mendapatkan pelatihan juga diharap bisa membedakan hoaks di dunia maya. Johnny berharap para peserta yang sudah lulus pelatihan  menjadi agen penghenti hoaks yang kerap merugikan warganet.
 
"Menjadi literat digital berarti dapat memproses berbagai informasi, dapat memahami pesan, dan berkomunikasi efektif dengan orang lain dalam berbagai bentuk," ucap Johnny.
 
(ADN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif