Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto. Medcom.id
Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto. Medcom.id

Aparat Diminta Menghormati Penyelenggaraan Salat Id di Masjid

Nasional Virus Korona Ramadan 2020 Idulfitri 2020
Anggi Tondi Martaon • 23 Mei 2020 10:49
Jakarta: Keputusan pemerintah menyarankan masyarakat Salat Idulfitri di rumah disambut baik. Namun, aparat harus menghormati pihak yang menyelenggarakan Salat Id di masjid atau lapangan.
 
"Jangan ada tindakan represif dari pihak keamanan (polisi, tentara) atau satpol PP (pamong praja) atau pihak lain lurah, kades, camat, dan lain-lain," kata Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto di Jakarta, Sabtu, 23 Mei 2029.
 
Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu meminta aparat di lapangan tidak memicu kesalahpahaman. Sebab, banyak aktivitas yang dianggap melanggar protokol pencegahan penyebaran virus korona menjelang Lebaran. Antara lain pagelaran konser, serta banyak mal-mal dan pasar-pasar yang dipenuhi warga tanpa mematuhi protokol kesehatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dan faktanya pemerintah cenderung membiarkan tanpa ada tindakan yang serius," ujar dia.
 
Yandri mengimbau masyarakat tetap menyambut 1 Syawal 1441 Hijriah dengan gembira. Dia berharap Hari Raya Idulfitri pada tahun ini menjadi momen kebangkitan melawan wabah covid-19.
 
"Semoga ini menjadi kekuatan bangsa ini untuk bangkit bersama dalam melawan korona," ujar dia.
 
Baca: Masjid Jakarta Islamic Center Tak Menggelar Salat Id
 
Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan Fatwa Nomor 28 Tahun 2020 tentang Panduan Kaifiat Takbir dan Salat Idulfitri saat Pandemi Covid-19. Umat Islam diperbolehkan menyelenggarakan salat Idulfitri secara berjemaah di tanah lapang, masjid, musala, atau tempat lainnya. Namun, ketentuan ini hanya berlaku bila kawasan tersebut sudah terkendali dari korona pada 1 Syawal 1441 Hijriah.
 

(AZF)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif