Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Masjid Jakarta Islamic Center Tak Menggelar Salat Id

Ramadan Virus Korona Ramadan 2020 Idulfitri 2020
Yurike Budiman • 22 Mei 2020 15:08
Jakarta: Masjid Raya Jakarta Islamic Center (JIC), Koja, Jakarta Utara, tidak akan menggelar salat Id pada Hari Raya Idulftri 1441 Hijriah. Keputusan ini diambil untuk mencegah penyebaran virus korona (covid-19).
 
"Kami pastikan tidak ada penyelenggaraan salat Idulfitri tahun ini," kata Kepala Sub Divisi Dakwah Badan Manajemen JIC, Ma'arif Fuadi saat dikonfirmasi, Jumat, 22 Mei 2020.
 
Manajeman Masjid Raya JIC juga mengacu pada sejumlah kebijakan dalam mengeluarkan keputusan ini. Antara lain, fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 28 Tahun 2020 tentang Panduan Kaifiat Takbir dan Salat Idulfitri Saat Pandemi Covid-19 dan Surat Edaran Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2020 tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idulfitri 1 Syawal 1441 Hijriah di Tengah Wabah Covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ma'arif mengatakan peniadaan salat Id juga sesuai Taushiyah MUI Provinsi DKI Jakarta Nomor T-005/DP-P/XI/V/2020 tentang Pelaksanaan Hari Raya Idulfitri 1441 H di Tengah Wabah Covid-19, serta Seruan bersama MUI dan DMI Provinsi DKI Jakarta.
 
"Dalam kebijakan tersebut ditekankan agar masyarakat yang berdomisili di wilayah wabah korona yang belum bisa dikendalikan, disarankan melaksanakan Salat Idulfitri di rumah masing-masing," jelas dia.
 
Baca: MUI DKI Serukan Salat Id di Rumah
 
Berdasarkan analisa data kesehatan, Ma'arif menyebut wilayah sekitar Masjid Raya JIC masih terpapar virus korona. Angka penyebaran virus korona pun belum menunjukkan penurunan signifikan.
 
"Oleh karena itu, kami memutuskan untuk tidak menyelenggarakan Salat Idulfitri 1441 H dan mengimbau para jemaah untuk melaksanakannya di rumah masing-masing," ujarnya.
 

(AZF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif