Komisi V DPR mengumpulkan pihak terkait untuk meminta keterangan terkait penanganan banjir Jabodetabek. Foto: Medcom.id/Anggi Tondi Martaon
Komisi V DPR mengumpulkan pihak terkait untuk meminta keterangan terkait penanganan banjir Jabodetabek. Foto: Medcom.id/Anggi Tondi Martaon

Sindiran Keras Komisi V ke Program Naturalisasi Anies

Nasional banjir jakarta normalisasi sungai Jakarta Banjir
Anggi Tondi Martaon • 26 Februari 2020 13:43
Jakarta: Komisi V DPR menyindir program naturalisasi yang digadang-gadang Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Program mengembalikan bantaran sungai ke bentuk alaminya tersebut diyakini Anies mampu menanggulangi banjir di Ibu Kota.
 
Saat mendengar istilah naturalisasi dari perwakilan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Ketua Komisi V Lasarus melontarkan sindiran keras. Komisi, kata Lasarus, yang mengurus pembangunan itu hanya mengetahui istilah normalisasi.
 
"Kami di Komisi V dan Pak Basuki (Menteri PUPR), mengenal hanya normalisasi yang kita bahas di sini," kata Lasarus dalam Rapat Dengar Pendapat Penanggulangan Banjir di Jabodetabek di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu, 26 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rapat tersebut dihadiri Menteri PUPR Basuki Basuki Hadimuljono, perwakilan Pemerintah Provinsi Banten, Jawa Barat, BMKG, dan Basarnas. Istilah naturalisasi hanya keluar dari pemerintahan Anies.
 
Baca: Anies Sebut Normalisasi Sungai Tanggung Jawab Pusat
 
Lasarus pun kembali melontarkan sindiran. Program naturalisasi menurutnya bak meniru kembali apa yang diciptakan Tuhan. Berdasarkan pemahamanya, naturalisasi adalah mengembalikan kondisi alam seperti semula.
 
"Normalisasi enggak mampu, bagaimana mau (jalankan) naturalisasi. Enggak mampu itu. Mana mungkin setiap jengkal yang Tuhan bikin, kita mau kembalikan," ungkap dia.
 
Sindiran Keras Komisi V ke Program Naturalisasi Anies
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau Pintu Air Manggarai, Jakarta Pusat, Selasa, 25 Februari 2020. Foto: Medcom.id/Cindy
 
Oleh karena itu, Pemprov DKI Jakarta diminta menerapkan program yang mampu menanggulangi banjir. Normalisasi diyakini Komisi V DPR mampu mengatasi permasalahan klasik yang selalu menimpa Ibu Kota saat musim hujan.
 
"Normalisasi selesai, banjir saya pikir enggak akan terjadi," ujar dia.
 

(SUR)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif