Mantan Perdana Menteri Gerakan Aceh Merdeka Tengku Malik Mahmud di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis, 13 Februari 2020. Foto: Medcom.id/Nur Azizah
Mantan Perdana Menteri Gerakan Aceh Merdeka Tengku Malik Mahmud di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis, 13 Februari 2020. Foto: Medcom.id/Nur Azizah

Jokowi Diharap Segera Tuntaskan MoU Helsinki

Nasional aceh
Anggi Tondi Martaon • 14 Februari 2020 11:32
Jakarta: Pemerintah diminta segera menunaikan kesepakatan dengan Gerakan Aceh Merdeka (GAM). Apalagi kedua belah pihak telah menandatangani nota kesepakatan atau Memorandum of Understanding (MoU) Helsinki tersebut.
 
"Ya kalau kita melihat itu MoU seharusnya harus segera direalisasikan. Kan MoU itu sendiri udah berapa lama, udah 14 tahun dari 2006," kata Anggota Komisi I Willy Aditya kepada Medcom.id, Jumat, 14 Februari 2020.
 
Menurut politikus NasDem itu, pemerintah sebaiknya tidak lagi menunda realisasi dari MoU tersebut. Sebab, MoU itu sudah disepakati oleh kedua belah pihak sejak 2006.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau bertahap kan ini sudah 14 tahun dan saya kira mereka juga sudah memiliki kesabaran," kata dia.
 
Jokowi Diharap Segera Tuntaskan MoU Helsinki
Presiden Joko Widodo menerima sejumlah mantan pimpinan Gerakan Aceh Merdeka di Istana Negara, Jakarta, Kamis, 13 Februari 2020. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan.
 
Willy optimistis Presiden Joko Widodo akan menuntaskan seluruh kesepakatan yang tercantum dalam MoU tersebut. Dengan begitu tidak ada hutang yang ditinggalkan oleh Jokowi saat tidak lagi menjabat sebagai RI 1.
 
"Biar Pak Jokowi punya legacy dan Pak Jokowi juga cinta Aceh. Meski Pak Jokowi kalah di sana tapi perhatiannya ke Aceh tidak pernah berkurang sama sekali," ujar dia.
 
Mantan Perdana Menteri (PM) Gerakan Aceh Merdeka Tengku Malik Mahmud menemui Presiden Jokowi. Dia menagih janji pemerintah kepada Aceh.
 
Salah satu yang ditagih yakni masalah kepemilikan tanah yang dijanjikan kepada kombatan GAM. Pengadaan tanah tertuang dalam MoU Helsinki, Finlandia, poin 3.2.5 yang meminta pemerintah mengalokasikan tanah pertanian dan dana yang memadai kepada pemerintah Aceh.
 

 

(JMS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif