Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. ANT/M Adimaja.
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. ANT/M Adimaja.

Karpet Merah untuk Airlangga

Nasional partai golkar munas golkar
Arga sumantri • 05 Desember 2019 08:21
Jakarta: Sah, Airlangga Hartarto ditetapkan sebagai ketua umum Partai Golkar terpilih periode 2019-2024 pada Rabu, 4 Desember 2019. Ia mengantongi seluruh dukungan dari pemilik suara partai alias aklamasi.
 
Penetapan Airlangga sebetulnya lebih cepat dari jadwal Munas X Golkar yang berlangsung di Hotel Ritz-Carlton Jakarta. Pemilihan ketum Golkar seharusnya berlangsung Kamis malam, 5 Desember 2019.
 
Rabu, 4 Desember 2019, agenda munas hanya mendengarkan laporan pertanggungjawaban kepengurusan Airlangga sejak 2017, mendengar pandangan umum dari para pemilik suara Golkar seperti Dewan Pimpinan Daerah (DPD) tingkat I atau provinsi dan DPD tingkat II atau kabupaten atau kota.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Munas juga mendengarkan komponen pemilik suara Golkar lainnya, yaitu organisasi masyarakat (ormas) Golkar, dan jajaran pengurus elite, seperti dewan pembina, dewan kehormatan, hingga dewan pakar.
 
Rapat dengan agenda pandangan umum ini berlangsung sejak pukul 09.00 WIB, hingga pukul 22.30 WIB. DPD Golkar DKI Jakarta menjadi pemilik suara yang paling terakhir menyampaikan pandangan umum.
 
Seluruh pemilik suara Golkar bulat menyatakan dukungan dan memilih Airlangga sebagai ketum Golkar periode 2019-2024. Praktis, tak ada satu pun pemilik suara Golkar yang menyatakan dukungan kepada pesaing tersisa, Ridwan Hisjam.
 
Setelah rampung mendengarkan pandangan umum, Ketua Sidang Munas Golkar Azis Syamsuddin meminta persetujuan peserta munas langsung menetapkan ketum terpilih.
 
"Sepakatkah dalam forum rapat Munas X ini untuk mempersingkat dan kami tetapkan sebagai ketua umum DPP Golkar periodisasi 2019-2024, setuju?" tanya Azis dalam rapat munas di Hotel Ritz Carlton Jakarta, Rabu, 4 Desember 2019.
 
Seluruh peserta munas setuju. Semua manut dan nihil interupsi. Sekretaris sidang munas Golkar Sarmudji lantas membacakan putusan munas.
 
"Mengangkat dan mengesahkan Airlangga Hartarto sebagai ketua umum DPP Partai Golkar masa bakti 2019-2024," ucap Sarmudji.
 
Forum Munas X Golkar juga memutuskan Airlangga sebagai ketua formatur tunggal. Dengan begitu, Airlangga mendapat karpet merah dalam menentukan struktur kepengurusan Golkar lima tahun mendatang.
 
"Ketua Umum DPP Golkar masa bakti 2019-2024 adalah ketum merangkap ketua formatur dengan mandat penuh menyusun personalia Golkar masa bakti 2019-2024," ucap Sarmudji.
 
Jalan Airlangga kembali menjadi pucuk pimpinan partai berlambang pohon beringin kuning itu tergolong mulus. Mekanisme pemilihan ketum Golkar kali ini relatif paling adem ketimbang forum serupa sebelumnya.
 
Situasi ini sejatinya sudah terbaca sejak mundurnya Wakil Koordinator Bidang Pratama Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet) dari bursa pemilihan ketum Golkar. Bamsoet paling potensial menjegal Airlangga.
 
Bamsoet lempar handuk setelah menghadap para senior Golkar, seperti Luhut Binsar Panjaitan, Aburizal Bakrie (Ical), Akbar Tanjung, dan Agung Laksono. Narasi rekonsiliasi, menjaga soliditas, dan keutuhan Golkar menjadi alasan Bamsoet menarik diri.
 
Deklarasi mundur dari bursa pencalonan ketum Golkar disampaikan Bamsoet di hadapan Luhut, Airlangga, dan Ical, jelang pembukaan Munas X Golkar.
 
"Maka saya pada sore hari ini menyatakan tidak meneruskan pencalonan saya sebagai kandidat ketua umum Partai Golkar untuk periode 2019-2024," kata Bamsoet di Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Jakarta, Selasa, 3 Desember 2019.
 
Munas X Golkar belum berakhir usai menetapkan ketum terpilih. Hari ini, munas tetap berlangsung dengan agenda penetapan anggota formatur. Setelahnya, ketua dan anggota formatur menggelar rapat guna menentukan program dan struktur kepengurusan Golkar periode 2019-2024.
 
"Munas belum selesai. Karena biasanya, DPP melaksanakan program yang diamanatkan munas," ucap Airlangga usai ditetapkan sebagai ketum Golkar periode 2019-2024.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif