Ketua Komisi II Ahmad Doli Kurnia. MI/Susanto.
Ketua Komisi II Ahmad Doli Kurnia. MI/Susanto.

Alasan Natuna Ingin Jadi Provinsi Tak Kuat

Nasional pemekaran daerah
Nur Azizah • 07 Januari 2020 17:23
Jakarta: Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia menyebut alasan Bupati Natuna Abdul Hamid Riza memekarkan Kabupaten Natuna tak kuat. Hamid ingin Natuna dan Anambas dijadikan provinsi khusus agar kedua kabupaten itu lebih berwenang menjaga kedaulatan RI.
 
"Kalau alasannya karena wilayah di Natuna itu mau diklaim oleh Tiongkok, itu tidak menjadi pertimbangan," kata Doli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 7 Januari 2020.
 
Menurut Doli, permintaan Pemkab Natuna sulit direalisasikan. Sebab, pemerintah belum mencabut moratorium pemekaran wilayah, kecuali tujuh wilayah di Papua.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Papua itu ada tujuh yang akan dimekarkan. Itu yang menjadi isu betul," tegas dia.
 
Apalagi, Pemkab Natuna belum pernah mengusulkan wacana pemekaran sebelumnya. Sejumlah daerah yang telah mengajukan pemekaran sedang dibahas di Komisi II, seperti Papua dan Buton.
 
"Sampai hari ini di Kemendagri sudah terdaftar sekitar 315 calon daerah otonomi baru, baik provinsi maupun di kabupaten/kota. Saya belum liat sepenuhnya tetapi setahu saya di provinsi Natuna tidak ada," pungkas dia.
 
Sebelumnya, Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal mengusulkan agar Kabupaten Natuna dan Anambas dijadikan provinsi. Sehingga pemerintah setempat memiliki kewenangan menjaga wilayah perairan.
 
"Pemerintah Kabupaten/Kota tidak memiliki kewenangan terhadap perairan laut, sehingga tidak bisa berbuat banyak dalam menjaga dan mengelola wilayah perairan Natuna," ujar Abdul pada Sabtu, 4 Januari 2020.
 

 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif