Ketua Komisi II Ahmad Doli Kurnia/MI/Susanto
Ketua Komisi II Ahmad Doli Kurnia/MI/Susanto

Ombudsman Harus Mendorong Hadirnya Pemerintahan yang Baik

Nasional ombudsman pelayanan publik
Theofilus Ifan Sucipto • 27 November 2019 14:39
Jakarta: Keberadaan Ombudsman di Indonesia penting. Ketua Komisi II Ahmad Doli Kurnia menegaskan Ombudsman mendorong hadirnya pemerintahan yang baik.
 
"Ombudsman berperan membantu pemetintah agar negara punya penyelenggaraan yang betul-betul melayani publik," kata Doli di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan, Rabu, 27 November 2019.
 
Doli berharap Ombudsman semakin baik melayani laporan masyarakat. Dia berpesan laporan itu ditanggapi cepat dan tepat sasaran.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengungkapkan Komisi II DPR pun berkoordinasi dengan pemerintah. Itu penting guna mendekatkan layanan publik pada masyarakat.
 
"Kamu membentuk panitia kerja aparatur sipil negara (panja ASN) untuk mendorong birokrasi yang baik dalam pelayanan publik," tutur dia.
 
Politikus Partai Golkar itu mengatakan DPR terbuka pada semua masukan untuk memperbaiki pemerintahan. Setiap masalah, kata Doli, diselesaikan bersama.
 
"Kami mendorong penyelenggaraan layanan yang baik dan akan berkoordinasi untuk itu," ucap dia.
 
Ombudsman bertugas menerima laporan dugaan malaadministrasi penyelanggaraan pelayanan publik hingga membangun jaringan kerja. Berbagai kasus telah dilaporkan ke lembaga itu.
 
Beberapa di antaranya, pelayanan aspek hukum, pendidikan, maupun pemerintahan mulai daerah hingga pusat. Ombudsman juga berfungsi mengawasi badan usaha milik negara (BUMN) serta badan swasta atau perseorangan yang diberi tugas menyelenggarakan pelayanan publik tertentu.
 

(OJE)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif