"Ombudsman berperan membantu pemetintah agar negara punya penyelenggaraan yang betul-betul melayani publik," kata Doli di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan, Rabu, 27 November 2019.
Doli berharap Ombudsman semakin baik melayani laporan masyarakat. Dia berpesan laporan itu ditanggapi cepat dan tepat sasaran.
Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?
Ia mengungkapkan Komisi II DPR pun berkoordinasi dengan pemerintah. Itu penting guna mendekatkan layanan publik pada masyarakat.
"Kamu membentuk panitia kerja aparatur sipil negara (panja ASN) untuk mendorong birokrasi yang baik dalam pelayanan publik," tutur dia.
Politikus Partai Golkar itu mengatakan DPR terbuka pada semua masukan untuk memperbaiki pemerintahan. Setiap masalah, kata Doli, diselesaikan bersama.
"Kami mendorong penyelenggaraan layanan yang baik dan akan berkoordinasi untuk itu," ucap dia.
Ombudsman bertugas menerima laporan dugaan malaadministrasi penyelanggaraan pelayanan publik hingga membangun jaringan kerja. Berbagai kasus telah dilaporkan ke lembaga itu.
Beberapa di antaranya, pelayanan aspek hukum, pendidikan, maupun pemerintahan mulai daerah hingga pusat. Ombudsman juga berfungsi mengawasi badan usaha milik negara (BUMN) serta badan swasta atau perseorangan yang diberi tugas menyelenggarakan pelayanan publik tertentu.
(OJE)