"Pertama, kemampuan Ombudsman membantu masyarakat menyelesaikan masalah," kata Head International Affairs of National Ombdusman of The Netherland Stephen Sjouke di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan, Rabu, 27 November 2019.
Stephen juga mengagumi cara Ombudsman Indonesia memahami masalah yang dilaporkan masyarakat. Pemahaman itu dinilai penting dalam menangani laporan.
Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?
Kemampuan memahami masalah itu dinilai sangat penting dimiliki Ombudsman. Apalagi, masyarakat yang melapor ke Ombudsman berharap masalah mereka segera tuntas.
"Kami bangga dan senang karena Ombudsman Indonesia sudah memediasi dan memberi sisi pandang lain," tutur Stephen.
Stephen mengenang pertemuan Ombudsman Belanda dan Ombudsman Indonesia. Pertemuan perdana dua lembaga itu terjadi di Bali pada 2013.
"Kami diskusi tentang kantor regional dan berbagi pemikiran. Prosesnya menyenangkan dan komunikasinya menarik," ujar Stephen.
Pertemuan itu menghasilkan prosedur kerja dan konsep bantuan penyelesaian masalah. Stephen juga berpesan kedua lembaga tetap solid dan berkolaborasi.
"Ombudsman perlu membantu pemerintah memahami masyarakat. Pemerintah perlu serius menanggapi masyarakat," ucapnya.
(DRI)