Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Syafruddin - Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo.
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Syafruddin - Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo.

ASN Bekerja di Rumah Solusi Bonus Demografi

Nasional ASN PNS Kerja di Rumah
Kautsar Widya Prabowo • 14 Agustus 2019 15:38
Jakarta: Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Syafruddin mengatakan wacana Aparatur Sipil Negara (ASN) bekerja dari rumah merupakan langkah menanggulangi bonus demografi pada 2030. Wacana ini juga memudahkan ASN bekerja di segala tempat.
 
"Begitu orang (anak muda) menguasai sentral pekerjaan sebanyak 69 persen, kita yang tua ini gigit jari, dimakan rayap, oleh karenanya sekarang harus dipersiapkan," ujar Syafruddin di Kemenpan-RB, Jakarta Selatan, Rabu, 14 Agustus 2019.
 
Syafruddin menyebut meski masih bersifat wacana, sistem kerja fleksibel harus dapat terealisasi. Dia berharap penerusnya merealisasikan hal ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jangan sampai estafet kepimpinan ada missing, ada kehilangan waktu, makanya dirancang dari sekarang, menyiapkan tahun ini, kita harapkan tahun depan (terealisasikan)," tuturnya.
 
(Baca juga:Istana Respons Wacana ASN Kerja dari Rumah)
 
Wacana ASN bekerja dari rumah dilontarkan Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Setiawan Wangsaatmaja. Kemenpan-RB tengah mendesain sistem kerja ASN di kementerian dan lembaga agar bisa bekerja lebih fleksibel dengan meniru sistem kerja perusahaan rintisan atau startup.
 
Fleksibilitas kerja dinilai menjadi hal penting menyusul prediksi terjadinya perubahan besar pada profil pekerja pada 2024, termasuk ASN sudah melek teknologi.
 
"Kami sedang rencanakan itu, kerja dari rumah bisa, kerja dari ujung sana juga bisa, nanti diatur bagaimana aturannya," kata Setiawan dalam diskusi Forum Merdeka Barat, Kamis, 8 Agustus 2019.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif