Kepala Staf Presiden Jenderal (Purn) Moeldoko - Medcom.id/Dheri Agriesta
Kepala Staf Presiden Jenderal (Purn) Moeldoko - Medcom.id/Dheri Agriesta

Istana Respons Wacana ASN Kerja dari Rumah

Nasional ASN PNS Kerja di Rumah
Damar Iradat • 12 Agustus 2019 19:11
Jakarta: Pihak Istana memberikan respons positif terkait wacana Aparatur Sipil Negara (ASN) bekerja dari rumah. Namun,Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, mempertanyakan kesiapan seluruh perangkat untuk menjalani kebijakan tersebut.
 
"Ini kan wacana sebagai mengantisipasi perkembangan ke depan. Jadi pasti ada kajian yang lebih jauh lagi," kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 12 Agustus 2019.
 
Baca Juga:ASN di Sumenep Biasa Bekerja di Rumah

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, wacana tersebut wacana tersebut merupakan respons dari perkembangan teknologi dan masih harus didalami. Ia meyakini, wacana itu tak akan diterapkan dalam waktu dekat.
 
Moeldoko juga menilai, wacana kebijakan tersebut tak bisa dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia. Menurutnya, wacana kebijakan ini bisa dilakukan secara bertahap.
 
"Bisa nanti apakah bisa bertahap, apakah di kota dulu, dan seterusnya. Itu baru wacana. Belum kebijakan," jelas dia.
 
Wacana agar PNS bisa bekerja dari rumah sebelumnya dilontarkan Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Setiawan Wangsaatmaja. Kemenpan-RB pun tengah mendesain sistem kerja PNS di kementerian dan lembaga agar bisa bekerja lebih fleksibel dengan meniru sistem kerja perusahaan rintisan atau startup.
 
Fleksibilitas kerja dinilai menjadi hal penting menyusul prediksi terjadinya perubahan besar pada profil pekerja pada 2024, termasuk PNS sudah melek teknologi.
 
"Kami sedang rencanakan itu, kerja dari rumah bisa, kerja dari ujung sana juga bisa, nanti diatur bagaimana aturannya," kata dia dalam diskusi Forum Merdeka Barat, Kamis, 8 Agustus 2019.
 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif