Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi – Medcom.id / Rahmatullah
Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi – Medcom.id / Rahmatullah

ASN di Sumenep Biasa Bekerja di Rumah

Nasional PNS Kerja di Rumah
Rahmatullah • 12 Agustus 2019 17:40
Sumenep: Wakil Bupati Sumenep, Jawa Timur, Achmad Fauzi, mengaku tidak masalah dengan wacana aparatur sipil negara (ASN) bekerja di rumah. Dia mengungkap ASN di Sumenep biasa bekerja di rumah saat tugas di kantor tidak bisa diselesaikan.
 
"ASN sudah biasa bekerja di rumah. Mereka bekerja di luar waktu jam kantor sudah habis," kata Fauzi, Senin, 12 Agustus 2019.
 
Fauzi menerangkan kadang pekerjaan ASN tidak selesai di kantor. Sehingga ASN membawa pulang sisa pekerjaan ke rumah. Dia mengatakan bila wacara ASN bekerja di rumah menjadi aturam, Sumenep telah siap mengikuti.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Fauzi menilai sebagai abdi negara memang wajib bekerja di mana saja baik di kantor maupun di rumah. Sebab, tugas pokok ASN memaksimalkan pelayanan ke masyarakat. Sehingga dia menyebut tidak ada alasan bagi abdi negara menolak tugas.
 
"Di kantor, di luar kantor, di rumah dan di mana saja untuk mengabdi kepada negara," ujar dia.
 
Dia menegaskan yang paling penting komitmen menjalankan tanggung jawab dengan maksimal. Bekerja di mana pun, kata Fauzi, bila komitmen sudah kuat, bekerja di mana pun bukan jadi persoalan.
 
"Karena bagi ASN bekerja untuk kepentingan masyarakat hal utama," tandasnya.
 
Wacana agar PNS bisa bekerja dari rumah sebelumnya dilontarkan Deputi Sumber Daya Manusia Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Setiawan Wangsaatmaja. Kemenpan-RB pun tengah mendesain sistem kerja PNS di kementerian dan lembaga agar bisa bekerja lebih fleksibel dengan meniru sistem kerja perusahaan rintisan atau startup.
 
Fleksibilitas kerja dinilai menjadi hal penting menyusul prediksi terjadinya perubahan besar pada profil pekerja pada 2024, termasuk PNS sudah melek teknologi.
 
"Kami sedang rencanakan itu, kerja dari rumah bisa, kerja dari ujung sana juga bisa, nanti diatur bagaimana aturannya," kata dia dalam diskusi Forum Merdeka Barat, Kamis, 8 Agustus 2019.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif