Ilustrasi UMKM Indonesia. Istimewa.
Ilustrasi UMKM Indonesia. Istimewa.

Masyarakat Diminta Menggaungkan Produk Dalam Negeri di Harkonas

Nasional Kementerian Perdagangan Produk Dalam Negeri Hari Konsumen Nasional
Candra Yuri Nuralam • 20 April 2022 15:14
Jakarta: Kementerian Perdagangan (Kemendag) meminta masyarakat mencintai produk dalam negeri. Bahkan, kecintaan produk Tanah Air itu bisa dikampanyekan di Hari Konsumen Nasional (Harkonas).
 
"Tidak cukup hanya menjadi konsumen cerdas, kita harus cinta dengan produk dalam negeri," kata Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga melalui keterangan tertulis, Rabu, 20 April 2022.
 
Jerry meminta masyarakat tidak berburuk sangka dengan kualitas produk dalam negeri. Dia menegaskan produk buatan Indonesia tidak kalah saing dengan negara lain.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Produk dalam negeri tidak kalah dengan produk luar negeri dan kita harus bangga menggunakannya," ujar Jerry.
 
Produsen di Indonesia juga diminta menjaga kualitas barangnya agar tidak kalah dengan negara lain. Produsen di Indonesia diharap tidak melupakan hak konsumen agar barang dagangannya tidak memudar di pasaran.
 
"Harkonas bertujuan untuk memasifkan arti pentingnya hak dan kewajiban kepada konsumen, mendorong peningkatan daya saing produk yang dihasilkan pelaku usaha dalam negeri, mendorong produksi, dan perdagangan barang atau jasa berkualitas dan berdaya saing," kata Jerry.
 
Baca: BUMN Siap Berinvestasi ke Merek Lokal
 
Produsen juga diminta menempatkan konsumen sebagai agen perubahan dalam perekonomian di Indonesia. Pemerintah memastikan akan terus melindungi hak konsumen agar minat beli produk dalam negeri tidak hilang.
 
Sementara itu, Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian Reni Yanita mengatakan penjualan produk dalam negeri sangat memengaruhi perkembangan ekonomi di Indonesia. Dia berharap produsen produk lokal di Indonesia bisa berkembang.
 
"Kami berharap dengan dukungan semua pihak pelaku industri di Indonesia, sektor industri kecil dan menengah dapat semakin meningkat pangsa pasarnya, dimulai dari pasar dalam negeri dan kemudian kelebihannya dapat diekspor dengan skala ekonomis terbaik," ucap Reni.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif